Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kumbang Bubuk Kayu yang Merusak Furnitur dan Cara Membasminya

Kompas.com - 23/02/2022, 08:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat lubang-lubang kecil pada furnitur kayu atau ada tumbukan serbuk halus di sekitar furnitur kayu? Jika ya, itu adalah tanda adanya kumbang bubuk kayu.

Dikutip dari The Spruce, Rabu (23/2/2022), kumbang bubuk kayu sering dibawa ke rumah di dalam bahan kayu, termasuk bahan bangunan atau furnitur kayu.

Kehadiran kumbang bubuk kayu sering kali pertama kali terungkap oleh tumpukan bubuk kecil yang tidak terduga di dekat permukaan atau bahan kayu dan/atau lubang kecil di dalam kayu yang disebut lubang keluar (exit holes).

Baca juga: Kenali 7 Jenis Kayu Terbaik untuk Dijadikan Furnitur

Ilustrasi kumbang bubuk kayu. SHUTTERSTOCK/HENRIK LARSSON Ilustrasi kumbang bubuk kayu.

Nama kumbang bubuk kayu sebenarnya adalah label umum yang digunakan untuk berbagai jenis kumbang penggerek kayu, termasuk kumbang bubuk kayu sejati (Lyctinae), kumbang bubuk kayu palsu (Bostrichidae), dan kumbang deathwatch (Anobiidae).

Sementara istilah bubuk kayu berasal dari bubuk alias frass yang ditinggalkan serangga ini, sebenarnya larva merekalah yang menyebabkan kerusakan paling besar.

Larva ini, juga dikenal sebagai cacing kayu, dengan rakus memakan kayu dari dalam, menciptakan terowongan di dalam kayu.

Saat dewasa, mereka mengunyah kayu dan muncul melalui lubang keluar kecil. Lubang keluar adalah lubang yang dibuat kumbang bubuk kayu dewasa saat mereka mengunyah kayu.

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan Kayu dengan Lemon dan Garam Kosher

Lubang-lubang ini tidak terlalu besar. Bayangkan menancapkan paku kecil ke sepotong kayu dan kemudian mengeluarkannya.

Meskipun ada sejumlah persamaan dan perbedaan antara jenis kumbang bubuk kayu, semuanya menyerang dan merusak barang-barang kayu, yang dapat mencakup tanaman dan barang-barang yang berbeda termasuk pohon, kayu struktural, furnitur bambu, dan barang-barang kayu dekoratif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com