Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 7 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Saat Menyetrika Pakaian

Kompas.com - 21/02/2022, 22:53 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Which

JAKARTA, KOMPAS.com - Setrika berfungsi merapikan dan menghaluskan pakaian setelah proses pencucian dan pengeringan. Selain itu, suhu panas dari setrika dapat membunuh kuman pada pakaian.

Akan tetapi, dilansir Which, Senin (21/2/2022), ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat menyetrika pakaian seperti berikut ini. 

Baca juga: Tips Menyetrika Pakaian dengan Cepat dan Rapi 

Menggunakan suhu yang sama untuk semua jenis pakaian

Ilustrasi setrika, menggunakan setrika. PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Ilustrasi setrika, menggunakan setrika.
Ketika dihadapkan dengan tumpukan cucian yang menjulang tinggi, tak jarang orang menyetel suhu setrika terpanas dan menggunakan pada semua jenis pakaian agar cepat selesai.

Meski berhasil dalam beberapa kasus, suhu yang sama tidak bisa diterima oleh beberapa jenis pakaian. Misalnya, kain yang lebih tipis tidak bisa menerima suhu yang sama dengan pakaian yang lebih tebal.

Untuk mengatasinya, setrika pakaian selama beberapa menit setelah menyesuaikan pengaturan suhu untuk memberikan waktu agar setrika benar-benar panas atau dingin sebelum mulai menggunakannya lagi. 

Baca juga: Ragam Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyetrika Pakaian 

Tidak membersihkan setrika 

Menggunakan teknik menyetrika yang tepat dapat membuat pakaian rapi, tetapi itu bisa membuang-buang waktu jika Anda tidak menjaga setrika cukup bersih.

Seperti diketahui, elemen panas setrika bisa kotor, bahkan berkerak, lantaran terkena pakaian yang menempel atau gosong saat disetrika. 

Untuk itu, pastikan mengosongkan tangki air setrika di antara penggunaan serta membersihkan elemen panas setrika secara teratur.

Periksa manual instruksi setrika Andq untuk melihat apakah model memiliki fungsi pembersihan sendiri atau memerlukan pendekatan yang lebih praktis.

Membersihkan setrika lebih sering jauh lebih efektif daripada menunggu sampai masalah mulai terjadi.  

Baca juga: Muncul Serbuk Putih pada Setrika? Ini Cara Mengatasinya 

Mengabaikan tombol semprotan air

Ilustrasi setrika, menyetrika pakaian.PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Ilustrasi setrika, menyetrika pakaian.
Pakaian yang sudah terlalu kering atau kaku sulit membuatnya rapi ketika disetrika. Sebagian besar model setrika dilengkapi dengan fungsi semprotan internal sehingga dapat menghaluskan pakaian dengan lembut hanya dengan satu sentuhan tombol. 

Jika setrika tidak dilengkapi semprotan air, gunakan botol semprotan air manual untuk mengatasi pakaian yang kusut.  

Pakaian langsung digunakan setelah disetrika 

Ketika pakaian sudah selesai disetrikan, tahan godaan untuk segera mengenakannya. Pakaian perlu digantung atau dilipat selama lima menit agar memberi hasil tahan lama dan mengurangi kemungkinan lipatan bakal muncul kembali di tengah hari. 

Jika ingin kemeja tidak kusut selama mungkin, segera menggantungnya setelah selesai menyetrika, tetapi hindari menggunakan gantungan kawat.

Sebagai gantinya, pilih gantungan kayu atau plastik karena ketipisan gantungan kawat dapat menyebabkan kemeja mengerut di sekitar bahu seiring waktu. 

Baca juga: Cara Membuat Semprotan Setrika Sendiri Pakai Minyak Esensial 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com