Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Peralatan yang Wajib Dimiliki Saat Merenovasi Dapur

Kompas.com - 17/02/2022, 13:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.COM - Merenovasi dapur tidak hanya berfokus pada desain, dekorasi, dan tata letak, tapi juga peralatan-peralatan dapur yang harus dimiliki setelahnya. 

Pasalnya, peralatan dapur tak hanya membuat dapur semakin fungsional, tapi juga bakal menunjang penampilan dapur secara keseluruhan. 

Dilansir dari Real Estate, Kamis (17/2/2022), berikut lima peralatan yang harus dimiliki saat merenovasi dapur

Baca juga: 8 Benda di Dapur yang Bisa Dibersihkan dengan Cuka dan Caranya 

Jenis oven yang tepat

Ilustrasi oven, memanggang dengan oven.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi oven, memanggang dengan oven.
Dapur adalah tempat "keajaiban" terjadi di rumah, jadi penting memilih oven yang sesuai dengan kebutuhan memasak serta gaya dan ruang rumah Anda.

Dengan begitu banyak pilihan oven yang tersedia, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah menginginkan bagian dapur pernyataan dengan kompor yang berdiri sendiri? Atau oven built-in yang dapat ditempatkan di dalam lemari atau dinding?

Jika melayani banyak tamu atau memiliki keluarga besar, pertimbangkan memilih oven ultra-lebar atau membeli dua oven standar berukuran 60 sentimeter. 

Baca juga: Ingat, Ini 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Merenovasi Dapur

Dalam hal penempatan, renovator berpengalaman dan penata interior profesional, Sarah Yarrow, menyarankan pemasangan oven di dinding bisa menjadi pilihan paling nyaman.

“Saya sangat menyukai oven dinding, bukan oven di bawah bangku. Saya pikir jauh lebih praktis untuk memasukkan dan mengeluarkan sesuatu.”

Sarah menambahkan, jika membutuhkan kapasitas memasak ekstra, Anda bahkan dapat memasang dua oven pada dinding. 

Baca juga: Jangan Lupa, 8 Benda di Dapur Ini Harus Rutin Dibersihkan 

Lemari dapur warna

Ilustrasi dapur, kitchen islandUnsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi dapur, kitchen island
Selama dekade terakhir, dapur telah menempel pada palet warna yang cukup netral. Sekarang, orang-orang semakin bersemangat memperkenalkan kembali warna ke dalam rumah mereka. 

Sarah mengatakan dirinya baru saja membuat dapur dengan lemari berwarna hijau zaitun. "Saya meletakkannya di Instagram dan itu adalah gambar paling populer yang pernah saya unggah," ungkapnya.

Menurut Sarah, orang bisa sedikit takut membuat lemari berwarna, terlebih jika tidak memiliki bantuan desainer atau arsitek. 

Baca juga: Jangan Lupa, 8 Benda di Dapur Ini Harus Rutin Dibersihkan

Namun, ada semakin banyak bukti di luar sana yang menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda dapat memiliki dapur yang benar-benar menakjubkan, yang tidak hanya berwarna putih. 

Bahan atau 'tampilan' material yang berbeda juga sedang tren saat ini. Veneer kayu sangat populer, memberikan solusi praktis dan estetis bagi mereka yang menginginkan tekstur, kedalaman, dan minat pada lemari atau bangku mereka. 

Baca juga: 7 Tips Menata Ruang Penyimpanan di Dapur Kecil agar Rapi dan Teratur 

Kompor serbaguna

Kompor yang Anda pilih dapat mengubah gaya dapur. Memasak dengan api selalu dilihat sebagai metode memasak tradisional dan terasa seperti di rumah bagi banyak orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com