Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2022, 09:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Snake plant atau lidah mertua adalah salah satu tanaman hias yang paling mudah tumbuh dan diperbanyak kapan pun Anda mau.

Memiliki daun berbentuk pedang, tanaman hias tropis ini mudah berakar di air atau tanah. Untuk memperbanyak tanaman lidah mertua, Anda hanya membutuhkan pisau tajam atau pemangkas, tanah pot, dan air. 

Baca juga: Tanaman Lidah Mertua di Rumah, Baik atau Buruk Menurut Feng Shui?

Pola dedaunan yang unik seperti daun berbintik-bintik atau tepi daun emas biasanya hilang ketika tanaman lidah mertua diperbanyak dengan cara stek. 

Untuk mendapatkan tanaman baru yang terlihat sama persis dengan tanaman induk, pembagian adalah cara yang harus dilakukan.

Membagi tanaman lidah mertua akan memberi tanaman baru yang akan memiliki warna daun yang sama dengan tanaman aslinya. 

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Kamis (10/2/2022), berikut tiga cara memperbanyak tanaman lidah mertua. 

Baca juga: Alasan Lidah Mertua Tidak Layu meski Jarang Disiram 

Pembagian tanaman lidah mertua 

Lidah mertua juga termasuk pilihan tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan. Tanaman ini sangat cocok untuk kamar tidur.PEXELS/CHARLOTTE MAY Lidah mertua juga termasuk pilihan tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan. Tanaman ini sangat cocok untuk kamar tidur.
Pembagian melibatkan pemecahan tanaman menjadi beberapa bagian. Ini berguna menghasilkan tanaman lidah mertua yang lebih besar.

Caranya, mulailah mengeluarkan semua tanaman lidah mertua dari pot. Gunakan pisau tajam atau pemangkas untuk memotong bola akar yang kusut.

Hal ini bertujuan membuat potongan bagian yang berbeda dengan setidaknya tiga daun dan akar yang menyertainya.

Tanam setiap bagian dalam wadah berisi campuran pot tanaman hias. Kemudian, siram masing-masing bagian tersebut dengan baik dan biarkan air mengalir dengan baik.

Tempatkan tanaman lidah mertua dalam pot yang baru pada area dengan cahaya terang, tetapi tidak langsung dan siram tanaman saat tanahnya kering. 

Baca juga: 4 Cara Memperbanyak Tanaman Lidah Mertua 

Stek akar di dalam air 

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di dalam ruangan.
Rooting stek tanaman lidah mertua semudah menempatkan daun ke dalam stoples air bersih. Mulailah memotong daun dari tanaman yang sudah mapan setidaknya 15 sentimeter (daun yang lebih tinggi, lebih baik).

Tempatkan ujung daun yang dipotong ke dalam stoples atau vas berisi tiga inci air. Letakkan stoples di tempat terang, ganti air, serta bersihkan wadah setiap seminggu sekali.

Akar akan terbentuk di dasar pemotongan dalam waktu sekitar dua bulan. Setelah akar terbentuk, tanam hasil stek ini dalam wadah berisi campuran pot tanaman hias. 

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memelihara Tanaman Lidah Mertua di Rumah 

Mulai stek di tanah 

Tanaman lidah mertua juga bisa distek dan ditumbuhkan di dalam tanah. Untuk melakukannya, singkirkan daun dari tanaman yang sudah mapan dan potong daun pada pangkal tanaman dengan pemangkas atau pisau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com