Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2022, 19:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sama seperti manusia, kucing juga memiliki alergi, baik pada kutu, lingkungan, bahkan makanan.

Pencernaan kucing yang tak mampu mencerna zat tertentu dapat menyebabkan reaksi alergi dan masalah kesehatan.

Alergi yang seringkali dialami kucing justru datang dari makanan yang biasa dikonsumsinya. Seperti susu, makanan laut dan lain sebagainya.

Untuk itu sebaiknya perhatikan jenis kandungan pada makanan yang akan kamu berikan pada kucing peliharaan mu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter hewan.

Melansir dari Kitty Cats, Minggu (23/1/2022), berikut ini adalah 5 jenis kandungan di makanan kucing yang mungkin menyebabkan alergi.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Tips Memilih Makanan Kucing

Alergi susu dan produk olahan susu

Meskipun kucing sering digambanrkan sedang minum semangkok susu, nyatanya susu dapat berbahaya bagi kucing yang memiliki alergi terhadap produk olahan susu. Alergi pada produk olahan susu adalah alergi yang umum dialami oleh kucing.

Kucing tidak memiliki enzim laktosa untuk mencerna laktosa saat ia masuk ke dalam tubuh kucing.

Karena itu laktosa tidak bisa dicerna kucing dan tinggal di dalam pencernaan kucing sehingga menimbulkan masalah usus.

Biasanya gejala yang timbul akibat alergi produk olahan susu pada kucing adalah pusing, muntah dan diare. Untuk itu sebaiknya konsultasikan makanan dan minuman kucing dengan dokter hewan.

Baca juga: Bolehkah Anjing Mengonsumsi Makanan Kucing?

Produk gluten dan jagung

Kenapa kucing tidak suka makanan kering mungkin karena lebih menyukai makanan basah.SHUTTERSTOCK/ELIZABETT Kenapa kucing tidak suka makanan kering mungkin karena lebih menyukai makanan basah.

Seringkali makanan kucing mengandung tepung jagung dan gluten, ini karena tinggi kalori, aroma yang harum dan harga yang murah.

Meskipun beberapa kucing tidak menimbulkan alergi saat memakan makanan berbahan tepung jagung dan gluten, reaksi alergi bisa dirasakan oleh kucing yang rentan dengan kandungan ini.

Seperti laktosa, gluten adalah bahan yang sulit diserap dan dikonsumsi kucing. Gluten yang masuk ke tubuh kucing dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan alergi kucing.

Gejala umum pada kucing yang sensitif atau alergi gluten adalah kulit gatal, gatal pada area kulit yang sempit seperti belakang telinga, sela-sela jari kaki, ruam, dll.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Menyimpan Makanan Kucing

Makanan laut

Makanan laut atau seafood juga sebaiknya tidak dikonsumsi kucing. Habitat yang jauh berbeda dengan kucing menyebabkan hewan laut memiliki zat yang dapat menyebabkan alergi pada kucing. Masalah yang umum terjadi adalah keracunan merkuri, alergi kerang dan ikan laut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com