Kompas.com - 23/01/2022, 19:00 WIB
Jika kita memberikan kucing senior makanan anak kucing, mungkin itulah yang menjadi alasan kenapa kucing tidak suka makanan kering. FREEPIKJika kita memberikan kucing senior makanan anak kucing, mungkin itulah yang menjadi alasan kenapa kucing tidak suka makanan kering.

JAKARTA, KOMPAS.com- Sama seperti manusia, kucing juga memiliki alergi, baik pada kutu, lingkungan, bahkan makanan.

Pencernaan kucing yang tak mampu mencerna zat tertentu dapat menyebabkan reaksi alergi dan masalah kesehatan.

Alergi yang seringkali dialami kucing justru datang dari makanan yang biasa dikonsumsinya. Seperti susu, makanan laut dan lain sebagainya.

Untuk itu sebaiknya perhatikan jenis kandungan pada makanan yang akan kamu berikan pada kucing peliharaan mu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter hewan.

Melansir dari Kitty Cats, Minggu (23/1/2022), berikut ini adalah 5 jenis kandungan di makanan kucing yang mungkin menyebabkan alergi.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Tips Memilih Makanan Kucing

Alergi susu dan produk olahan susu

Meskipun kucing sering digambanrkan sedang minum semangkok susu, nyatanya susu dapat berbahaya bagi kucing yang memiliki alergi terhadap produk olahan susu. Alergi pada produk olahan susu adalah alergi yang umum dialami oleh kucing.

Kucing tidak memiliki enzim laktosa untuk mencerna laktosa saat ia masuk ke dalam tubuh kucing.

Karena itu laktosa tidak bisa dicerna kucing dan tinggal di dalam pencernaan kucing sehingga menimbulkan masalah usus.

Biasanya gejala yang timbul akibat alergi produk olahan susu pada kucing adalah pusing, muntah dan diare. Untuk itu sebaiknya konsultasikan makanan dan minuman kucing dengan dokter hewan.

Baca juga: Bolehkah Anjing Mengonsumsi Makanan Kucing?

Produk gluten dan jagung

Kenapa kucing tidak suka makanan kering mungkin karena lebih menyukai makanan basah.SHUTTERSTOCK/ELIZABETT Kenapa kucing tidak suka makanan kering mungkin karena lebih menyukai makanan basah.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.