Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Jangan Mencuci 6 Jenis Pakaian Ini dengan Mesin Cuci

Kompas.com - 15/01/2022, 12:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baik itu blus sutra favorit atau sweter wol paling nyaman, hampir setiap orang memiliki beberapa pakaian yang mereka sangat sukai.

Dalam hal merawat pakaian yang disukai, ada persyaratan perawatan tertentu yang harus dilakukan agar pakaian atau kain tersebut tidak rusak. 

Tergantung pada barang yang dimaksud, itu mungkin berarti harus menghindari mencuci pakaian dengan mesin cuci. Sebab, mencuci bahan halus tertentu dengan pakaian kotor lainnya dapat menyebabkan kerusakan serius pada pakaian yang paling Anda sukai.

 

Baca juga: Trik Menghilangkan Noda Detergen dan Pelembut Kain pada Pakaian

 

Ilustrasi mencuci pakaian, mengeringkan pakaian di mesin cuci. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi mencuci pakaian, mengeringkan pakaian di mesin cuci.

Untuk membantu menjaga pakaian favorit Anda tetap dalam kondisi baik, dilansir dari Martha Stewart, Sabtu (15/1/2022), ahli perawatan pakaian Gwen Whiting dan Lindsey Boyd dari The Laundress menjelaskan jenis pakaian dan bahan yang tidak boleh dicuci di mesin cuci dan bagaimana pakaian tersebut harus dicuci. 

1. Bahan kasmir dan wol

Menempatkan jaket dan kardigan favorit Anda ke dalam mesin cuci bisa menjadi halangan yang berisiko dan penyusutan adalah hasil umum saat kasmir dan wol dicuci dengan cara ini. 

Whiting dan Boyd merekomendasikan untuk mencuci barang-barang ini dengan tangan untuk menghindari risiko sobek dan cacat.

Untuk mencuci, isi wastafel, bak mandi, atau baskom dengan air dan tambahkan pembersih lembut, rendam barang Anda, putar-putar di dalam air, dan biarkan terendam hingga setengah jam.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Membuat Lemari Pakaian Berantakan

Kemudian tiriskan dan bilas sampai air mengalir jernih. Letakkan barang-barang Anda rata hingga kering.

2. Sutra

Ketika berbicara tentang bahan sutra, ada kemungkinan besar label perawatan semuanya mengatakan "hanya dry cleaning."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com