Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Mencuci Keset Kamar Mandi di Mesin Cuci, Mengapa?

Kompas.com - 10/01/2022, 07:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa benda yang tidak boleh dicuci dengan mesin cuci, termasuk mesin cuci bukaan depan. Salah satunya adalah keset kamar mandi.

Dikutip dari Family Handyman, Senin (10/1/2022), sebagian besar mesin cuci bukaan depan memiliki tabung putar besar yang dapat menampung selimut besar dan keset kamar mandi.

Itu membuat orang berpikir bahwa mesin cuci ini dapat mencuci benda besar dengan berbagai ukuran dan berat.

Baca juga: Simak, Ini Cara Mencuci Keset Kamar Mandi yang Berjamur

Ilustrasi mesin cuci, ruang mencuciUnsplash/PlanetCare Ilustrasi mesin cuci, ruang mencuci

Masalahnya adalah, keset kamar mandi menyerap begitu banyak air. Dengan demikian, beratnya jauh lebih banyak daripada yang dirancang untuk ditangani oleh mesin cuci.

Mesin cuci modern memiliki kecepatan putaran yang jauh lebih cepat daripada mesin cuci sebelumnya, yakni hingga 1.200 putaran per menit selama putaran kecepatan tinggi.

Kecepatan yang lebih cepat ini menciptakan kekuatan dalam jumlah besar dengan barang-barang berat, dan bobot yang meningkat merobek mesin cuci.

Jika Anda mencoba membersihkan keset kamar mandi di mesin cuci bukaan depan, Anda berisiko menghadapi dua masalah mahal, antara lain sebagai berikut.

Baca juga: Langkah Membersihkan Urine Kucing pada Karpet dan Keset

1. Motor mesin cuci bisa rusak

Keset kamar mandi sering kali memiliki alas karet yang hancur dalam siklus pencucian. Potongan karet kecil kemudian memblokir pompa pembuangan dengan menyumbat motor dan saluran pembuangan mesin cuci.

Seringkali motor pembuangan perlu diganti. Perbaikan ini memakan biaya cukup besar suku cadang dan tenaga kerja. Bahkan keset kamar mandi tanpa alas karet dapat memengaruhi motor pembuangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com