Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2022, 19:44 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara unik untuk membantu menyuburkan tanaman di halaman rumah maupun di pot. Mulai dari pemupukan menggunakan bahan anorganik hingga pemupukan secara organik atau alami, salah satu contohnya menggunakan perasan air lemon.

Melansir dari Balcony Garden Web, Kamis (13/1/2022), ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari perasan air lemon untuk tanaman, seperti berikut ini. 

1. Membunuh gulma pada tanaman

Air perasan lemon dapat digunakan sebagai pembunuh gulma organik. Cara mengaplikasikannya, ambil empat ons air perasan lemon dan campur dengan satu liter cuka putih.

 

Baca juga: 10 Tanaman Pembawa Keberuntungan Ini Cocok Diletakkan di Dapur

Ilustrasi air perasan lemon. Air perasan lemon memiliki banyak manfaat, termasuk sebagai bahan pembersih dan pembasmi serangga alami.FREEPIK/AZERBAIJAN_STOCKERS Ilustrasi air perasan lemon. Air perasan lemon memiliki banyak manfaat, termasuk sebagai bahan pembersih dan pembasmi serangga alami.

Aduk rata, isi botol semprot, dan semprotkan pada gulma.

Ini akan membunuh pertumbuhan liar dengan mengurangi tingkat pH. Solusi organik ini paling kuat di jam-jam terpanas dalam sehari.

Efeknya hanya bertahan sebentar, jadi Anda harus mencoba banyak aplikasi.

2. Tingkatkan perkecambahan 

Menurut penelitian, perasan lemon dapat  meningkatkan pertumbuhan pembelahan sel, merangsang aktivitas beberapa enzim, dan membantu nutrisi untuk diangkut ke bagian tanaman dengan lebih mudah.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Garam Dapur sebagai Pupuk Tanaman

Untuk membuatnya, tambahkan 3 ml air perasan lemon ke satu liter air dan gunakan larutan untuk menyirami benih pada saat disemai. Setelah berkecambah, Anda dapat menggunakannya lagi untuk menyirami bibit.

Merendam benih berlapis keras semalaman dalam larutan ini sebelum disemai juga akan meningkatkan kemungkinan perkecambahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com