Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menghilangkan Bau Asap Rokok dari Sofa Kain Secara Alami

Kompas.com - 03/01/2022, 22:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya meninggalkan bau pada ruangan saja, bau asap rokok juga bisa tertinggal pada permukaan furnitur, khususnya sofa berlapis kain.

Sofa berlapis kain lebih berdampak terkena bau asap rokok daripada kursi berlengan. Namun, tak perlu khawatir, Anda bisa menyegarkan kembali tanpa memerlukan bahan kimia keras. 

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Senin (3/1/2022), berikut tips menghilangkan bau asap rokok dari sofa kain secara alami.  

Baca juga: Benarkah Tanaman Dapat Menghilangkan Asap Rokok? Ini Penjelasannya 

Letakkan sofa di luar ruangan 

Ilustrasi sofa. FREEPIK/VANITJAN Ilustrasi sofa.
Keluarkan sofa dari dalam ruangan untuk menghilangkan bau rokok. Bahkan, bila perlu meletakkan di luar ruangan selama beberapa hari pada area tertutup dan terlindung seperti teras berpelindung atau garasi dengan pintu terbuka. 

Namun, bila tak ingin meletakkan sofa di luar ruangan, buka jendela dan nyalakan kipas angin plafon. 

Baca juga: Langkah-langkah Menghilangkan Bau Asap Rokok di Rumah

Gunakan baking soda

Baking soda dapat menyerap semua jenis bau, termasuk bau asap rokok. Taburkan baking soda ke semua area sofa berlapis kain, termasuk bantal. Jika bantal dapat dilepas, lepaskan dan taburkan baking soda di atasnya.

Kemudian, biarkan baking soda selama 30 menit, lalu bersihkan. Namun, bila sofa masih berbau setelahnya, taburkan kembali baking soda dan biarkan selama beberapa jam.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Asap Rokok pada Pakaian dan Rumah 

Semprotan cuka 

Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.
Campurkan sejumlah penghilang bau semprotan dengan menggabungkan dua bagian air dan satu bagian cuka putih dalam botol semprot. 

Semprotkan semua permukaan sofa berlapis kain dengan larutan cuka, lalu biarkan mengering. Namun, sebaiknya menguji semprotan pada area yang tidak mencolok terlebih dahulu untuk memastikan cairan tidak mempengaruhi kain pelapis. 

Baca juga: Catat, 3 Tanaman Ini Bisa Menyerap Racun Asap Rokok di Rumah

Buat penyegar ruangan 

Setelah menghilangkan asap rokok dari sofa kain, saat menyegarkan ruangan. Caranya, keluarkan asap rokok dari dalam ruangan dengan membuka jendela dan menyalakan kipas angin untuk menarik udara segar dari satu sisi ruangan serta udara pengap keluar jendela di sisi lain.

Setelah itu, eempatkan mangkuk berisi cuka di sekitar ruangan selama semalaman untuk membantu menghilangkan bau yang tertinggal. 

Baca juga: Benarkah Tanaman Dapat Menghilangkan Bau Asap Rokok?

Jika bau cuka terlalu menyengat, tambahkan sedikit perasan lemon ke setiap mangkuk untuk membuat aromanya lebih menyenangkan.

Sebuah ruangan yang terkena asap rokok selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun mungkin memerlukan pembersihan mendalam seperti mencuci semua gorden, karpet, dan bersihkan dinding untuk menghilangkan lapisan asap yang menempel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com