Kompas.com - 04/09/2021, 14:23 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi tanaman hias di dalam ruangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain berbahaya untuk sistem pernapasan, asap rokok juga tidak bisa hilang dengan mudah.

Bahkan setelah dibersihkan dan dicat ulang, rumah yang pernah ditinggali perokok dapat mengandung bau dan racun rokok selama berbulan-bulan setelahnya.

Melansir dari Treehugger, Sabtu (4/9/2021), Georg E Matt, seorang profesor psikologi di San Diego State University, AS meneliti tempat tinggal perokok setelah mereka pergi.

 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Asap Rokok yang Menempel pada Pakaian

Matt menemukan bahwa asap rokok terperangkap di permukaan seperti dinding dan langit-langit, dan di debu rumah tangga dan karpet yang ditinggalkan oleh penghuni sebelumnya.

Ilustrasi tanaman hias sukulen.UNSPLASH/ANGELE KAMP Ilustrasi tanaman hias sukulen.
Jadi, bagaimana menghilangkan bau rokok dari rumah? Ini mungkin mengejutkan, tetapi cara paling efektif dan alami untuk menghilangkan bau dan polutan asap tembakau adalah dengan tanaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana cara kerjanya? Tanaman mengeluarkan uap air, yang menciptakan aksi pemompaan yang menarik udara yang terkontaminasi dan mengubahnya menjadi makanan bagi tanaman.

Ini bisa menjadi sangat penting jika Anda memiliki anak kecil. Residu dan partikel yang ditinggalkan perokok mengandung logam berat, karsinogen, bahkan bahan radioaktif.

Baca juga: Tips Menghilangkan Bau Asap Rokok yang Membandel dari Rumah

Racun dalam asap rokok yang tersisa termasuk toluena, formaldehida, aseton, dan amonia.

Tanaman pembersih udara yang kuat

Tanaman terbaik untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan termasuk philodendron, tanaman laba-laba, English ivy, peace lily, cemara China, palem bambu, dan sirih gading. Beberapa tanaman yang lebih efektif untuk membersihkan formaldehida termasuk pakis Boston, kurma kerdil, palem bambu, English ivy, tanaman ara biola, dan palem.

Halaman:


Sumber Treehugger
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.