Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Lantai dan Dinding Keramik Kamar Mandi Pakai Cuka

Kompas.com - 28/12/2021, 09:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sebagai bahan makanan, cuka putih juga dikenal sebagai salah satu bahan pembersih. Cuka putih menangani kotoran, endapan air panas, buih sabun, dan jamur.

Dengan demikian, cuka bekerja dengan baik untuk membersihkan sebagian besar jenis lantai dan dinding keramik kamar mandi. Pengecualiannya adalah ubin marmer, travertine atau granit, yang mungkin rusak oleh pembersih asam seperti cuka.

Cuka aman untuk keramik, porselen, vinil dan ubin laminasi dan membuatnya bersih dan berkilau.

Baca juga: Bahaya Memasang Sakelar Lampu di Dalam Kamar Mandi

Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.

Dilansir dari Hunker, Selasa (28/12/2021), berikut cara membersihkan lantai dan dinding keramik kamar mandi menggunakan cuka.

Pertama, tuang cangkir cuka putih ke dalam ember berisi sekitar 3 liter air hangat. Cuka dan larutan air ini dapat digunakan pada semua bahan ubin kecuali batu alam seperti marmer, granit dan travertine.

Kenakan sarung tangan karet. Celupkan spons bersih ke dalam larutan.

Gosok semua ubin dinding dengan spons yang dibasahi dengan larutan cuka dan air. Untuk area yang berjamur, tambahkan sedikit cuka dengan menuangkan cuka langsung ke spons dan usap di atas jamur.

Baca juga: 5 Desain Kamar Mandi yang Akan Populer di Tahun 2022

Bersihkan lantai keramik lalu pel dengan larutan cuka dan air. Tinggalkan ruangan dan biarkan cuka memiliki waktu untuk membunuh jamur, yakni tunggu antara 5 hingga 10 menit.

Bilas area dinding keramik yang berjamur dengan spons, yang dibasahi dengan air bersih. Pel lantai dengan air bersih untuk membilas larutan air cuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com