Kompas.com - 28/12/2021, 09:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sebagai bahan makanan, cuka putih juga dikenal sebagai salah satu bahan pembersih. Cuka putih menangani kotoran, endapan air panas, buih sabun, dan jamur.

Dengan demikian, cuka bekerja dengan baik untuk membersihkan sebagian besar jenis lantai dan dinding keramik kamar mandi. Pengecualiannya adalah ubin marmer, travertine atau granit, yang mungkin rusak oleh pembersih asam seperti cuka.

Cuka aman untuk keramik, porselen, vinil dan ubin laminasi dan membuatnya bersih dan berkilau.

Baca juga: Bahaya Memasang Sakelar Lampu di Dalam Kamar Mandi

Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.

Dilansir dari Hunker, Selasa (28/12/2021), berikut cara membersihkan lantai dan dinding keramik kamar mandi menggunakan cuka.

Pertama, tuang cangkir cuka putih ke dalam ember berisi sekitar 3 liter air hangat. Cuka dan larutan air ini dapat digunakan pada semua bahan ubin kecuali batu alam seperti marmer, granit dan travertine.

Kenakan sarung tangan karet. Celupkan spons bersih ke dalam larutan.

Gosok semua ubin dinding dengan spons yang dibasahi dengan larutan cuka dan air. Untuk area yang berjamur, tambahkan sedikit cuka dengan menuangkan cuka langsung ke spons dan usap di atas jamur.

Baca juga: 5 Desain Kamar Mandi yang Akan Populer di Tahun 2022

Bersihkan lantai keramik lalu pel dengan larutan cuka dan air. Tinggalkan ruangan dan biarkan cuka memiliki waktu untuk membunuh jamur, yakni tunggu antara 5 hingga 10 menit.

Bilas area dinding keramik yang berjamur dengan spons, yang dibasahi dengan air bersih. Pel lantai dengan air bersih untuk membilas larutan air cuka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.