Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 27/01/2023, 09:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Alpukat (Persea americana) merupakan tanaman buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Alpukat telah banyak dikembangkan dan dibudidayakan oleh pecinta tanaman buah di seluruh dunia karena beragam manfaatnya.

Alpukat termasuk tanaman buah yang sangat cocok untuk daerah tropis. Anda pun dapat menanam alpukat di rumah untuk konsumsi sendiri, sebagai buah yang memberi manfaat kesehatan bagi keluarga.

Salah satu jenis alpukat yang populer adalah alpukat mentega. Jenis alpukat ini memiliki warna daging yang lebih kuning dan rasanya lebih gurih.

Baca juga: Cara Menanam Alpukat Mentega agar Berbuah Lebat

Ilustrasi khasiat alpukat untuk menurunkan kolesterol.SHUTTERSTOCK/UTIK MARGARINI Ilustrasi khasiat alpukat untuk menurunkan kolesterol.

Apabila Anda ingin menanam alpukat mentega di rumah agar cepat berbuah, berikut beberapa tipsnya, seperti dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI.

1. Media tanam

Media tanam yang cocok untuk tanaman alpukat yaitu tanah yang gembur, lembap dan tidak tergenang air, subur, serta tidak mengandung terlalu banyak bahan organik.

Tanah yang berada di sekitar pohon yang telah ditanam harus lebih tinggi dari pada tanah yang ada di sekitar pohon yang ditanam tersebut.

Hal ini berguna untuk menghindari genangan air yang terjadi ketika musim hujan atau pada saat tanaman disiram secara rutin.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Alpukat dari Biji di Dalam Ruangan dengan Media Air

2. Persiapan bibit alpukat

Bibit yang akan digunakan untuk budidaya alpukat harus berasal dari pohon yang cukup tua. Pilih cabang pohon alpukat yang subur, dan sudah tua.

Cabang tersebut tidak boleh terlalu besar dengan diameter batang sekitar 3-5 cm dan tidak memiliki cabang baru yang terlalu banyak. Kupas kulit cabang sekitar 10-15 cm, adapun pengupasan dilakukan sekitar 5-10 cm dari cabang utama.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com