Kompas.com - 26/11/2021, 18:08 WIB
Ilustrasi teko air. SHUTTERSTOCK/WOJMACIlustrasi teko air.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cerek atau ketel merupakan sejenis teko yang biasanya terbuat dari logam dan digunakan khusus untuk mendidihkan dan menampung air minum.

Namun, sebaiknya, cerek tidak digunakan sebagai wadah penyimpanan atau menampung air minum sehingga perlu mengosongkan air cerek secara rutin. 

Baca juga: Trik Menghilangkan Kerak Putih pada Bagian Dalam Teko

Pasalnya, menampung air dalam cerek, baik cerek tradisional maupun listrik, bisa berisiko mendatangkan bahaya yang tak pernah diduga.

Melansir Asia One, Jumat (26/11/2021), ada beberapa orang yang mengalami kejadian buruk ketika tidak pernah mengosongkan air di dalam cereknya secara rutin. Mereka menemukan hal-hal menjijikkan di dalam cerek.

Berdasarkan grup Facebook Mums Who Cook, Clean, and Organize Australia, seorang pengguna Facebook berbagi pengalaman buruknya yang tidak pernah mengosongkan air di dalam cerek.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Teh pada Teko

"Suatu pagi, suami saya tidak mengosongkannya, dia menyeduh teh dengan kecoak bersamanya," tulis salah seorang pengguna Facebook.

Pengguna Facebook yang lain menambahkan bahwa dirinya selalu memeriksa bagian dalam cerek apabila meninggalkan air di dalamnya semalaman.

Ia pun terkejut melihat isi dalam cereknya, yakni terdapat gerombolan semut kamikaze. Kecoak atau serangga kecil lainnya adalah hal umum yang ditemukan di dalam cerek yang a tidak pernah dikosongkan secara rutin.

Baca juga: Teko Listrik, Kompor, atau Microwave yang Lebih Efisien Merebus Air?

"Saya pernah merebus cicak, jadi sekarang saya selalu memastikan mengosongkan cerek terlebih dahulu dari apa pun yang ada di dalamnya sebelum mengisi dengan air segar," kata seorang pengguna Facebook lainnya.

"Saya merebus laba-laba meski tidak di dalam cerek, tetapi di cerat (bagian corong untuk mengeluarkan air dari cerek). Saya baru sadar ketika saya mengisi cangkir saya dan memasukkannya ke dalam kopi saya," timpal seorang pengguna Facebook lainnya.

Dari beragam pengalaman menjijikkan dan tak terduga di atas, sudah seharusnya penting untuk tidak menampung air dalam cerek, mengeceknya, dan mengosongkannya. 

Baca juga: Hilangkan Noda di Teko Teh dengan Cara Mudah Ini

Kalau perlu, akan lebih aman dan higienis apabila ceret yang hendak digunakan dicuci sampai bersih terlebih dahulu. Sebab, beragam hewan menjijikkan bukan tak mungkin singgah hingga terjebak di dalam cerek air milikmu.

Pada intinya, tidak rutin mengosongkan cerek air dapat mengundang makhluk dan bakteri, serta virus dapur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Asia One
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.