Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Anakan Aglonema agar Kuat dan Tahan Penyakit

Kompas.com - 26/11/2021, 16:19 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengoleksi anakan aglonema merupakan sebuah hal yang banyak dilakukan para pencinta tanaman aglonema. 

Sayangnya, anakan aglonema cukup rentan terhadap berbagai penyakit sehingga merawatnya bisa sangat sulit. Untuk mencegahnya, ada beberapa cara perawatan yang perlu diperhatikan betul.

Dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Jumat (26/11/2021), berikut cara merawat anakan aglonema agar kuat dan tahan penyakit. 

Baca juga: 5 Tips Penyiraman dan Perawatan Aglonema agar Semakin Subur

Pastikan mendapat cahaya matahari pagi

Sama dengan tubuh manusia, tanaman juga memiliki antibodinya sendiri untuk tidak mudah sakit. Untuk antibodi tanaman dapat berkembang dan membuatnya tidak mudah sakit, tanaman memerlukan cahaya matahari pagi.

Letakkan anakan aglonema menghadap ke arah matahari pagi dan di bawah lindungan seperti paranet agar anakan aglonema tidak terkena terlalu banyak cahaya matahari,

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Racikan untuk Aglonema dan Tanaman Hias Lainnya

Sering-sering memberikan vitamin B1

Ilustrasi tanaman hias Aglonema Pink Splash.SHUTTERSTOCK/UNTUNGSUBAGYO Ilustrasi tanaman hias Aglonema Pink Splash.
Tanaman aglonema juga memerlukan multivitamin agar tidak mudah sakit. Berikan vitamin B1 pada anakan aglonema. Namun, pastikan vitamin B1 yang diberikan asli.

Semprot larutan vitamin B1 ke daun anakan aglonema dengan dosis tepat agar tidak hangus. Sebelum menyemprotkan, campurkan setengah tutup botol bagian dalam vitamin B1 dengan seliter air.

Penyemprotan larutan vitamin B1 harus dilakukan sebelum daun anakan aglonema terkena cahaya matahari. Apabila daun sudah terkena cahaya matahari, jangan menyemprotkannya karena bisa membuat daun aglonema hangus. 

Baca juga: Penyebab Aglonema Busuk Akar dan Cara Mencegahnya

Media tanam aglonema tidak boleh terlalu lama basah

Cara selanjutnya adalah memastikan media tanam tanaman aglonema tidak terlalu lama basah. Jadi, cukup siram media tanam aglonema setiap tiga sampai empat hari sekali saja, terlebih saat musim hujan. 

Saat musim hujan, cukup siram anakan aglonema setiap lima hari sekali saja. Pada intinya, apabila media tanam anakan aglonema masih lembap atau masih basah, tidak perlu disiram lagi. 

Baca juga: Cara Membuat Akar Aglonema Subur dan Lebat

Jika bagian atas media tanam aglonema sudah cukup kering, barulah boleh menyiram tanaman. Perlu diingat, anakan aglonema masih begitu rentan.

Jadi, media tanam yang terlalu lama basah kemungkinan besar membuat anakan aglonema akan terkena jamur dan bakteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com