Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Kucing Membuang Kotoran di Wastafel dan Bathtub Kamar Mandi

Kompas.com - 23/11/2021, 13:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa alasan yang membuat kucing peliharaan tiba-tiba meninggalkan kotak kotorannya dan mulai membuang air besar di kamar mandi seperti bathtub atau bak mandi dan wastafel.

Tentu saja hal ini membuat pemilik kesal, menjadi malapetaka, membuat frustasi, meninggalkan bau, dan menambah pekerjaan bersih-bersih rumah

Baca juga: 9 Ras Kucing Berwarna Abu-abu yang Lucu dan Menggemaskan

Untungnya, jika kucing peliharaan sehat, Anda dapat menghentikan perilaku tidak menyenangkannya dengan mengganti barang-barang di kamar mandi dan membuat kotak kotoran kucing lebih menarik.

Perilaku kucing membuang kotoran di wastafel atau bathtub kamar mandi bervariasi di setiap kucing dan masalah kotak pasir dapat berasal dari kondisi kesehatan yang mendasarinya, stres, faktor lingkungan, atau kombinasi dari semua ini.

Untuk itu, sebaiknya meluangkan waktumeninjau kesehatan emosional dan fisik kucing sehingga dapat menentukan apa masalahnya serta cara terbaik mengatasinya. 

Baca juga: 4 Alasan Kucing Peliharaan Berperilaku Aneh

Mengapa kucing membuang kotoran di bathtub atau wastafel?

Ilustrasi kucing membuang kotoran di wastafel kamar mandiUnsplash/Natália Campos Ilustrasi kucing membuang kotoran di wastafel kamar mandi
Melansir dari The Spruce Pets, Selasa (23/11/2021), kucing pada umumnya adalah hewan yang sangat bersih dan rapi.

Saat membuang kotoran di area terlarang seperti bathtub dan wastafel, yang disebut mengotori rumah, sebetulnya kucing mencoba memberi tahu Anda sesuatu.

Pertama, periksa kotak pasir kucing untuk memastikannya tidak penuh, berbau aneh, atau terbalik. Selain itu, pastikan tidak ada yang menghalangi akses kucing ke kotak pasir.

Apa pun tentang kotak yang tampak aneh bagi kucing dapat mendorongnya untuk melakukan bisnisnya di tempat lain. 

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan saat Kucing Kesayanganmu Muntah 

Masalah kesehatan

Masalah kesehatan menjadi faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat kucing peliharaan membuang kotoran di wastafel dan bathtub. 

Sistitis (radang kandung kemih) dan batu kandung kemih terkadang membuat kucing buang air besar (dan buang air kecil) di tempat yang tidak tepat dan kucing mungkin menunjukkannya dengan berpose di depan pemiliknya. 

Baca juga: Ragam Penyebab Kucing Stres dan Cara Mengatasinya 

Begitu juga sembelit dapat mendorong sahabat bulu menghindari kotak pasir kucing karena ketidaknyamanan.

Jika Anda menduga perubahan perilaku itu karena masalah kesehatan, buatlah janji dengan dokter hewan segera.

Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan fisik dan menggunakan pemeriksaan darah atau radiografi untuk menentukan apakah ada infeksi atau masalah pencernaan atau saluran kemih.

Baca juga: Gejala Keracunan pada Kucing dan Apa yang Harus Dilakukan

Masalah perilaku

Perubahan dalam dinamika rumah tangga sering menjadi penyebab stres dan kecemasan pada kucing serta dapat menyebabkan kucing buang kotoran di luar kotak pasir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com