Kompas.com - 02/11/2021, 07:18 WIB
Ilustrasi tanaman kenikir atau cosmos. PIXABAY/SHELL_GHOSTCAGEIlustrasi tanaman kenikir atau cosmos.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman kenikir atau cosmos adalah salah satu tanaman yang telah lama dikenal masyarakat. Tidak hanya daunnya, bunga kenikir pun bisa dimakan.

Cosmos adalah anggota keluarga Compositae atau Asteraceae, sama seperti beberapa kerabatnya, seperti bunga matahari, marigold, yarrow, aster, zinnia, dan dandelion. Tanaman yang mudah dirawat ini cocok diletakkan di lokasi dengan sinar matahari penuh, baik di tanah atau pot.

Dilansir dari The Micro Gardener, Selasa (2/11/2021), nama Cosmos berasal dari kata dalam bahasa Yunani, 'kosmos', yang berarti 'indah'. Bunga cosmos atau bunga kenikir hadir dalam berbagai warna dan tumbuh tinggi dengan daun berbulu yang menarik.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah

Selain dapat dimakan, berikut beberapa manfaat tanaman kenikir yang perlu Anda ketahui.

Ilustrasi tanaman bunga cosmos atau bunga kenikir.PIXABAY/YUJALATTE Ilustrasi tanaman bunga cosmos atau bunga kenikir.

1. Menarik lebah, kupu-kupu, dan serangga bermanfaat lainnya

Bunga cosmos atau bunga kenikir yang mekar terbuka menyediakan akses mudah ke nektar dan serbuk sari. Kondisi ini membantu penyerbukan dan pengendalian hama.

Bunga kenikir adalah magnet bagi serangga yang bermanfaat seperti lacewings, tawon parasit, lalat tachinid dan hoverflies yang memakan banyak serangga hama dan membantu penyerbukan.

2. Mudah tumbuh

Tanaman kenikir mudah tumbuh, bahkan dalam kondisi sulit, panas atau kering dengan sedikit air. Tanaman ini didebut dapat berbunga paling baik di tanah yang buruk dengan lebih sedikit bahan organik.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Mawar agar Tumbuh Subur dan Berbunga Banyak

Tanaman kenikir sering terlihat tumbuh di sepanjang sisi jalan di bawah sinar matahari penuh, tanpa pupuk di tanah dan bertahan dari hujan dan embun.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.