Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2021, 20:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan anjing yang mencintai dan setia dengan pemiliknya, kucing dikenal hanya menggunakan pemiliknya sebagai alasan untuk mendapatkan makanan dan tempat tinggal.

Namun, melansir dari Cuteness, Senin (1/11/2021), meski biasa menyendiri, kucing juga memiliki orang favorit yang lebih mereka sukai daripada yang lain. 

Baca juga: Studi Ungkap, Interaksi dengan Kucing dan Anjing Bisa Turunkan Stres

Jika ada banyak orang di dalam rumah, jelas bahwa kucing akan lebih menyukai satu orang daripada yang lain. Namun, bagaimana dan mengapa kucing memilih orang tersebut?

Kucing memilih menghabiskan sebagian besar waktunya bersama manusia yang belajar berkomunikasi dengan mereka. 

Karena setiap kucing memiliki kepribadiannya masing-masing, cara berkomunikasi serta apa yang diinginkan dan dibutuhkannya akan berbeda. Mungkin Anda bermain dengan mainan kucing atau memberikan pangkuan yang nyaman. 

Baca juga: Bisakah Kucing Melihat dalam Kondisi Gelap Gulita?

Namun, intinya, manusia favorit kucing adalah orang yang paling belajar bahasa kucing. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Current Biology, para peneliti menemukan kucing akan mendengkur untuk membuat manusia melakukan apa yang mereka inginkan.

Jika Anda lebih baik dalam mendengarkan dengkuran itu daripada manusia lain, mungkin itu sebabnya Anda menjadi orang favorit bagi kucing. 

Baca juga: 5 Fakta Unik tentang Gigi Kucing 

Ikatan yang kuat dengan kucing

Kucing terkadang mengikuti manusia favorit mereka ke mana pun. Animal Wised mengatakan kucing yang mengikuti Anda ke toilet atau dapur, bisa menjadi salah satu dari beberapa tanda bahwa anak kucing mengira Anda adalah ibunya.

Ketika kucing masih menjadi anak kucing, mereka akan mengikuti induknya ke mana pun karena sebagai perlindungan diri. Kucing yang mengikuti pemiliknya saat dewasa adalah kelanjutan dari perilaku ini.

Pada dasarnya, kucing merasa aman dan tenteram dengan pemiliknya sehingga mereka ingin bersama di mana pun pemiliknya berada karena mereka tahu bahwa Anda akan memenuhi kebutuhan mereka seperti ibu mereka. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Urine Kucing pada Karpet 

Berkomunikasi dengan bahasa tubuh

Anda tidak harus fasih berbicara dengan kucing untuk mengembangkan ikatan yang kuat dengan kucing.

Bahasa tubuh kucing bisa sangat membantu Anda mengetahui apa yang coba disampaikan sahabat bulu kepada Anda. Ada beberapa tanda jelas bahwa kucing sedang ingin berpelukan atau ditinggal sendiri.

Humane Society mengatakan semua yang dilakukan kucing, dari gerakan ekornya hingga ujung telinganya, adalah tanda jika kucing mencoba mengomunikasikan sesuatu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com