Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Elemen Dekoratif yang Mendatangkan Keberuntungan Menurut Feng Shui

Kompas.com - 14/10/2021, 17:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut feng shui, energi lahir dari dua campuran ideogram Tiongkok, yaitu angin dan air, yang terkait dengan aliran serta sirkulasi energi vital.

Penerapan feng shui di rumah dapat menciptakan ruangan yang memenuhi standar tertentu untuk mencapai keseimbangan antara kedamaian, keselarasan tubuh, dan pikiran. 

Melansir dari Decor Tips, Kamis (14/10/2021), setiap objek di rumah dan desain merupakan bagian penting.  

Baca juga: Ini Tempat yang Paling Tepat Meletakkan Cermin Menurut Feng Shui

Berdasarkan filosofi Tingkok ini, ada benda-benda dekoratif tertentu yang dapat menarik energi positif dan benda lain menarik energi negatif

Namun, faktanya, atribusi energik pada objek tidak hanya berasal dari budaya Tiongkok. Ada banyak budaya di dunia yang memiliki simbol keberuntungan dan kesuksesan mereka sendiri.

Misalnya, orang Irlandia mengaitkan keberuntungan dengan semanggi berdaun empat dan di India keberuntungan diwakili oleh gajah.

Nah, berikut ini beberapa elemen dekoratif yang dapat mendatangkan keberuntungan di rumah menurut feng shui.   

Baca juga: 5 Tips Feng Shui untuk Ruang Kerja yang Lebih Tenang dan Produktif 

Tanaman

Tanaman adalah makhluk hidup yang memberikan kehidupan, ketenangan, dan kemurnian. Terlepas dari simbol energi yang baik, tanaman adalah pilihan dekoratif yang sangat baik untuk rumah.

Jika mempercayai sirkulasi energi melalui benda, sebaiknya memiliki tanaman dalam ruangan dengan daun bulat, tanpa paku dan tumbuh ke atas.

Selain itu, Anda juga perlu mencegah tanaman menguning atau membiarkan daunnya mengering karena feng shui menghubungkan hal itu dengan kematian dan energi negatif.

Beberapa jenis tanaman yang harus dimiliki di sekitar rumah untuk menarik keberuntungan adalah pakis (berhubungan dengan kemakmuran dan uang) dan melati (dipercaya dapat memperkuat hubungan). 

Baca juga: 8 Warna Cat Dinding Kamar Tidur Terbaik Menurut Feng Shui 

Buah segar

Buah-buahan yang diletakkan di tengah ruang makan atau dapur sangat mencolok karena memiliki warna dan bentuk yang berbeda.

Hal ini membawa banyak kesegaran dan kehidupan ke rumah, yang dapat menarik keberuntungan. Cobalah bermain dengan warna agar lebih enak dipandang.

Berhati-hatilah dengan buah-buahan yang busuk. Ini tidak hanya terkait dengan energi negatif, tetapi juga menarik nyamuk dan bau busuk. Pastikan semua bahan organik yang dimiliki di rumah selalu segar dan menonjol.  

Baca juga: Cara Mendekorasi Rumah dengan Warna Putih Berdasarkan Feng Shui 

Ornamen gajah

Sejak zaman kuno dan dalam beberapa budaya seperti India, gajah adalah hewan suci serta simbol keberuntungan, kebijaksanaan, dan umur panjang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com