Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG QNED MiniLED TV, Tingkatan Baru Dalam Evolusi TV LCD

Kompas.com - 07/10/2021, 22:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di dunia hiburan, PT Electronics Indonesia (LG) resmi merilis produk televisi (TV) terbarunya pada 23 September 2021, yakni LG QNED MiniLED TV.

Hal ini diumumkan pihak Electronic City dalam Exclusive Media Preview di Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta, Kamis (7/10/2021). 

Baca juga: Apakah Harus Mencabut Kabel Colokan TV Saat Malam Hari?

Josephine Karjadi, Marketing and Business Development Director Electronic City mengungkapkan Electronic City menyambut antusias kehadiran produk terbaru LG QNED MiniLED TV.

"Dengan kecanggihan teknologi dan inovasi yang diciptakan LG, seluruh pelanggan Electronic City akan merasakan pengalaman baru yang berbeda ketika menonton TV," katanya. 

Perdana hadir di Indonesia, LG QNED MiniLED hadir dalam dua opsi resolusi, yaitu 8K dan 4K. Untuk resolusi 8K, terdapat dua pilihan bentang layar, yaitu 75 inci dengan model  75QNED96TPA dan 65 inci melalui model 65QNED96TPA.

Sementara, untuk resolusi Ultra HD 4K, tersedia dalam bentang layar 65 inci lewat model 65QNED91TPA. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Dinding Sekitar TV agar Tampak Cantik  

Fitur utama

LG QNED MiniLED dilengkapi dengan fitur utama, yakni pada sisi reproduksi gambar. Melalui kolaborasi dua teknologi, yaitu Quantum Dot NanoCell dan MiniLED, TV terbaru produk LG ini memiliki sisi pencahayaan latar (backlight) yang lebih baik dibanding teknologi sebelumnya.

MiniLED memiliki jajaran lampu LED yang lebih kecil sehingga memungkinkan backlight untuk menghasilkan kerapatan dan keseragaman pencahayaan yang lebih dapat memenuhi bidang layar. Hal ini akan memberikan pewarnaan lebih kaya dan detail. 

Baca juga: Cegah Kuman dan Bakteri, Begini Cara Membersihkan Remote TV

Sementara itu, karena dimensi lampu LED penyusun yang lebih kecil, TV ini mampu menghasilkan kontras rasio sepuluh kali lebih baik dibanding TV LCD dan LED sebelumnya.

Tak hanya itu, TV ini juga mampu menghasilkan kedalaman warna hitam yang lebih pekat dengan detail yang lebih jelas pada area gelap yang membuat gambar lebih terlihat dramatis.

Produk TV dari LG ini juga telah melaui uji sertifikasi yang dilakukan Intertek, lembaga pengujian internasional dan terbukti mampu menyajikan 100 persen volume spektrum warna. 

Baca juga: Remote TV Rusak? Lakukan Cara Ini agar Bisa Kembali Berfungsi

Hasil uji yang sama juga menunjukkan kepiawannya dalam menghilangkan distorsi warna pada sudut pandang lebar guna memastikan semua orang di ruangan dapat menikmati kualitas gambar LCD terbaik.

Selain warna, TV terbaru LG ini juga dilengkapi dua inovasi Dolby Laboratories, yakni Dolby Vision IQ dan Dolby Atmos, yang menyajikan suara surround multidimensi. Kedua kombinasi ini juga kuat dalam menghasilkan tayangan yang sinematik. 

Baca juga: 7 Cara Merawat TV agar Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama 

Hanya dengan suara

Tak hanya sampai di situ, TV terbaru dari LG ini juga membenamkan teknologinya di dalam remote-nya. Anda dapat menggecilkan volume, mematikan TV, dan lainnya hanya dengan bersuara dengan remote tersebut.

"Pada remote, ada tombol yang bisa memungkinkan penggunanya mengecilkan suara dan lain-lain hanya dengan bersuara saja dengan jarak penggunanya satu hingga 1,5 meter. Namun dengan satu syarat, yakni TV terhubung dengan jaringan internet," ujar Farhan, salah satu staff Electronic City. 

Baca juga: Tips Aman dan Mudah Membersihkan TV Layar Datar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com