Kompas.com - 25/06/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi membersihkan TV. PEXELS/COTTONBROIlustrasi membersihkan TV.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan layar televisi (TV), khususnya TV layar datar, adalah  kegiatan bersih-bersih yang perlu rutin dilakukan setiap pemiliknya.

Ketika jarang, apalagi tidak pernah dibersihkan, hal itu dapat membuat layar TV menjadi kusam dan menonton kurang menyenangkan karena adanya debu maupun berbagai kotoran yang menempel. 

Baca juga: Apakah Perlu Menggunakan Smart TV? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Jika kamu takut atau merasa malas membersihkannya, ada cara aman dan sederhana yang bisa dilakukan sehingga layar TV menjadi bersih. 

Dikutip dari kanal YouTube EKA TEKNIK, Jumat (25/6/2021), berikut ini tips membersihkan TV layar datar dengan aman dan simple

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Baca juga: TV Layar OLED Transparan Serbaguna, Bisa Dibeli di Electronic City

Cara membersihkan layar TV datar

Lipat beberapa tisu halus sampai agak tebal untuk dijadikan alat pembersih layar TV.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tuangkan minyak kayu putih secukupnya ke tisu yang telah dilipat. Di sini, minyak kayu putih berfungsi sebagai bahan pembersih kotoran di layar TV. 

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Ruang TV Menjadi Menyenangkan

  • Usapkan tisu ke layar TV

Setelah itu, usapkan tisu ke permukaan layar televisi datar secara merata. Usap atau seka dengan pelan dan jangan menekan layar TV.

Kamu juga bisa mengusapkan tisu ke pinggiran layar TV datar agar bagian permukaan depan TV bersih bersamaan. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Smart TV 32 Inci agar Awet dan Tahan Lama

Saat menyeka, lihat bagaimana kotoran dan debu terangkat. Ingat, hindari menggunakan air karena sifat pada air bisa merusak lapisan layar TV datar.

  • Seka dengan tisu baru

Terakhir, bersihkan permukaan layar Tv datar kembali menggunakan tisu kering yang baru untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel. Jangan menggunakan kembali tisu bekas yang sudah dipakai. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.