Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2021, 19:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Pet MD

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara kucing berarti juga harus memperhatikan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan kucing. Kucing yang memperoleh asupan nutrisi yang cukup dan seimbang tentu akan sehat dan dapat hidup dengan baik.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan kucing adalah taurin. Nah, apa itu taurin dan manfaat taurin untuk kucing?

Dilansir dari PetMD, Senin (4/10/2021), menurut dokter hewan Jennifer Coates, taurin adalah asam amino dengan struktur molekul C2H7NO3S.

Baca juga: Penyebab Kucing Bertengkar pada Malam Hari

Tidak seperti kebanyakan asam amino yang terhubung dalam rantai panjang dengan asam amino lain untuk membuat semua berbagai protein yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh normal, taurin ditemukan bebas di banyak sel atau jaringan tubuh serta di dalam empedu, cairan pencernaan yang diproduksi oleh hati, dan disekresikan ke dalam saluran usus.

"Taurin dianggap sebagai asam amino esensial pada kucing. Dengan kata lain, kucing membutuhkan jumlah taurin yang relatif besar dalam makanan mereka," jelas Coates.

Kucing dapat membuat taurin di dalam tubuhnya, tetapi enzim yang diperlukan untuk membuatnya keluar dari sistein tidak banyak tersedia dan dibutuhkan dalam jalur fisiologis lainnya. Oleh karena itu, tanpa pasokan yang memadai, kucing akhirnya menjadi kekurangan taurin.

"Kekurangan taurin dapat memiliki konsekuensi yang parah. Penyakit pertama yang kita ketahui disebabkan oleh defisiensi taurin adalah bentuk degenerasi retina sentral (CRD)," ungkap Coates.

Baca juga: 4 Penyebab Kucing Galak pada Manusia dan Cara Mengatasinya

Taurin memiliki peran penting dalam struktur batang dan kerucut di dalam retina mata serta di jaringan di bawahnya, tapetum lucidum.

Batang dan kerucut mengubah panjang gelombang cahaya yang berbeda menjadi impuls saraf yang dikirim ke otak, dan tapetum lucidum memantulkan cahaya di dalam mata, membuat indera penglihatan kucing sangat baik di malam hari.

"Ketika struktur ini terdegradasi karena kekurangan taurin, penglihatan mulai gagal. Suplemen taurin dapat menyelamatkan penglihatan apa pun yang berkurang atau hilang pada kucing," terang Coates.

Di samping itu, defisiensi taurin juga dikaitkan dengan bentuk penyakit jantung kardiomiopati dilatasi (DCM). Diperkirakan bahwa taurin di dalam sel otot jantung membantu mempertahankan konsentrasi kalsium dan partikel bermuatan lain yang sesuai di kedua sisi membran sel.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com