Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2021, 14:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendegar kucing bertengkar pada malam hari atau melihat kucing peliharaan bangun pada tengah malam?

Banyak yang mengatakan kucing sering aktif pada malam hari, tapi hal itu salah karena kucing sebenarnya makhluk krepuskular, yakni peralihan dari siang ke sore hari. 

Baca juga: Kenapa Kucing Berguling-guling Setelah Kawin? Ini Penyebabnya

Hal ini dikatakan Shelly Zacharias, Wakil Presiden Urusan Medis di Gallant, Alabama, Amerika Serikat. Zacharias mengatakan kucing liar berburu pada waktu fajar dan senja untuk memanfaatkan dinginnya siang hari pada habitat aslinya.

"Kucing domestik atau peliharaan mempertahankan kecenderungan ini untuk lebih aktif pada sore dan malam hari, bukan di siang hari," katanya dilansir dari Pop Sugar, Senin (4/10/2021). 

Baca juga: 5 Manfaat Memberikan Mainan Interaktif pada Kucing

Sementara itu, melansir dari Preventivevet, kucing adalah pemburu alami yang berevolusi untuk menangkap mangsanya selama fajar dan senja.

Meski kucing peliharaan menjalani kehidupan yang nyaman dan mendapat makanan dari pemiliknya, hal itu tidak menghilangkan naluri mereka untuk berburu makanan.  

Lantaran lebih aktif pada waktu fajar dan senja serta sering berkeliaran pada malam hari, hal ini menyebabkan kucing sering bertemu dengan kucing lainnya. 

Baca juga: Alasan Kucing Menatap Pemiliknya

Pertemuan ini terkadang berakhir dengan pertengkaran. Hal inilah yang menjadi penyebab kucing bertengkar pada malam hari

Ada dua penyebab kucing bertengkar pada malam hari, yakni persaingan mangsa atau makanan dan pasangan. Di banyak tempat, pertemuan antarkucing ini terjadi karena wilayah kucing menjadi lebih padat.

Menurut Marci Koski, dokter hewan dari Feline Behavior and Training Professional bersertifikat, penelitian menunjukkan bahwa wilayah jelajah dan teritori kucing menyusut karena lingkungan semakin ramai dengan kucing. 

Baca juga: Selain Bersih, Ini 5 Manfaat Grooming Kucing

Dengan kata lain, lebih banyak kucing dalam dekat sama dengan lebih banyak pertemuan dan lebih banyak perkelahian saat kucing bersaing memperebutkan sumber daya.

Pertemuan ini lebih mungkin terjadi pada jam-jam sebelum fajar dan sesudah senja ketika kucing berkeliaran untuk berburu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com