Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Cara Memutihkan Pakaian Putih yang Menguning

Kompas.com - 04/10/2021, 11:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memiliki pakaian putih, proses pencuciannya harus berhati-hati, karena bahkan ketika Anda mengikuti semua aturan untuk menjaga pakaian putih tetap putih, mereka tetap bisa menguning seiring waktu. Jadi, apa yang harus Anda lakukan?

Melansir dari The Spruce, Senin (4/10/2021), ada beberapa produk mencuci pakaian yang akan membantu mencerahkan pakaian putih yang menguning dan kotor.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memutihkan pakaian putih yang sudah mulai menguning.

Baca juga: Penyebab Pakaian Melar dan Menyusut Saat Dicuci dan Cara Mengatasinya

1. Pemutih oksigen

Metode paling lembut untuk memutihkan pakaian yang bisa dicuci adalah dengan mencampur larutan air hangat dan pemutih berbasis oksigen. Ikuti aturannya tentang berapa banyak yang harus digunakan per liter air.

Rendam pakaian putih dan biarkan terendam setidaknya delapan jam atau semalaman. Kemudian cuci seperti biasa menggunakan air terpanas yang direkomendasikan untuk kain, tambahkan setengah cangkir cuka putih suling ke air bilasan.

Proses ini aman digunakan pada pakaian poliester dan semua kain sintetis serta serat alami seperti katun dan linen.

Jika Anda melihat peningkatan tetapi kain masih tidak seputih yang Anda inginkan, ulangi prosesnya dengan campuran pemutih oksigen yang baru.

 

Baca juga: Panduan Cara Menyusun Pakaian Secara Teratur di Lemari Kecil

Jangan gunakan pada pakaian atau kain berbahan sutra, wol, atau kulit termasuk hiasan atau hiasan apa pun yang terbuat dari bahan tersebut.

2. Manfaatkan sinar matahari

Jika memungkinkan, jemur cucian putih di luar di bawah sinar matahari. Sinar ultraviolet dari sinar matahari akan membantu memutihkan pakaian.

3. Pemutih klorin

Pemutih klorin dapat digunakan pada kain katun yang telah menguning karena masalah penyimpanan. Selalu ikuti petunjuk produk dan jangan gunakan terlalu banyak pemutih.

Jika Anda dapat mendeteksi bau klorin saat Anda mengeluarkan cucian basah dari mesin cuci, Anda menggunakan terlalu banyak pemutih. Kurangi jumlah yang digunakan dan tambahkan bilasan kedua untuk menghilangkan sebanyak mungkin residu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com