Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Harus Mencuci Pakaian dan Seprai yang Baru Dibeli?

Kompas.com - 28/09/2021, 12:04 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apa yang Anda lakukan setelah membeli pakaian atau seprai baru? Apakah langsung dipakai atau dicuci terlebih dahulu?

Nyatanya, meskipun pakaian atau seprai yang baru dibeli terlihat bersih, namun Nomi Dale Kleinman, kepala departemen desain tekstil di Fashion Institute of Technology menganjurkan untuk mencucinya terlebih dahulu.

"Produk tekstil mungkin memiliki bahan kimia yang menyimpang dari proses produksi selain pati yang digunakan untuk menjaga pakaian tetap segar saat dikirim, dikemas, atau digantung di toko. Ada banyak langkah yang dilalui kain sebelum sampai ke Anda dan bahkan serat alami pun bisa terkena potensi iritasi," ungkap Kleinman yang dilansir dari Real Simple, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Pakaian

"Serat alami membutuhkan penggosokan dan pembersihan sebelum menjadi benang, pemintalan benang membutuhkan pelumas, terkadang resin digunakan untuk ukuran lusi, dan pati dapat digunakan dalam proses menenun,” jelasnya.

Benang dan kain dapat memerlukan penggosokan tambahan menggunakan produk sabun, natrium hidroksida, atau pemutihan untuk menerima warna dengan benar selama proses pewarnaan atau pencetakan.

Apa yang terjadi jika Anda tidak mencuci pakaian atau seprai baru?

Menurut Kleinman, kebanyakan orang akan baik-baik saja dan tidak akan melihat reaksi yang merugikan. Tetapi jika Anda memiliki kulit sensitif, sisa-sisa bahan kimia dapat menyebabkan gatal atau iritasi kulit.

Juga, ketika Anda mencuci pakaian dan seprai, dia merekomendasikan untuk menggunakan deterjen yang hipoalergenik dan bebas racun (juga lebih baik untuk lingkungan).

Baca juga: 7 Benda Ini Bisa Membantu Anda Mencuci Pakaian hingga Bersih

Untuk pakaian yang diwarnai, seperti jeans, ada beberapa risiko pewarna merembes ke blus atau furnitur Anda saat Anda duduk. Mencuci jeans baru sebelum dipakai pertama kali dapat membantu mencegah hal ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com