Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2021, 11:53 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memiliki tingkah yang lucu dan terkadang aneh. Misalnya, kucing menatap pemiliknya dengan mata besar yang bertanya-tanya atau bersembunyi di balik perabot mengikuti setiap gerakan pemiliknya. 

Tentu saja hal ini membuat Anda bertanya-tanya apa yang dilakukan kucing tersebut dan mengapa sahabat bulu melakukannya. 

Melansir dari Cuteness, Minggu (3/9/2021), kucing memiliki cara unik untuk melihat dunia, termasuk menatap pemiliknya. Nah, berikut ini alasan kucing menatap pemiliknya. 

Baca juga: Selain Bersih, Ini 5 Manfaat Grooming Kucing

Alasan kucing menatap pemiliknya 

Jika kucing melihat ke arah Anda, artinya kucing penasaran. Kucing adalah penguasa sejati lingkungan mereka dan mengandalkan indera penglihatan untuk berbagai hal.

Kucing luar ruangan mungkin memperhatikan makhluk kecil untuk menguntit dan berburu, mengawasi kemungkinan pemangsa, atau tetap waspada jika kucing lain mengembara ke wilayahnya. Semua itu adalah naluri alami kucing. 

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Tidak Mau Buang Kotoran di Litter Box

Tampaknya sebagian besar kucing menatap pemiliknya sebagai alat komunikasi dan kucing mengikuti Anda berkeliling untuk alasan yang sama.

Kucing tidak memiliki keterampilan bahasa untuk membantu mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Jadi, kucing harus menggunakan bahasa tubuh untuk mengekspresikan diri secara efektif.

Banyak pemilik kucing memperhatikan sahabat bulu menatap mereka saat memasuki jadwal makan seolah-olah untuk mengingatkan bahwa sudah waktunya kucing makan malam. 

Baca juga: Ketahui, Ini 7 Keuntungan Memelihara Kucing

Meski dikenal sangat mandiri, beberapa kucing juga dapat menatap ke pemiliknya untuk memperoleh keamanan.

Hal ini juga membantu kucing memahami bagaimana harus bereaksi terhadap situasi tertentu, terutama hal baru seperti menyambut tamu. Pada akhirnya, kedua alasan tersebut adalah tanda kepercayaan. 

Baca juga: Fakta Kucing Maine Coon yang Perlu Diketahui 

Haruskah merasa khawatir?

Dalam kebanyakan kasus, tatapan kucing tidak perlu dikhawatirkan seperti tanda dari kucing yang hendak menyerang. Namun, terkadang, tatapa kucing bisa menjadi gejala masalah kesehatan.

Kondisi umum yang terkait dengan menatap, di antaranya gagal jantung, penyakit ginjal, dan hipertiroidisme, dan hipertensi. 

Baca juga: 5 Cara Aman Mengusir Kucing Liar dari Rumah

Jika pupil kucing tetap melebar atau menatap Anda dengan mata kosong, inilah saatnya untuk membawa sahabat bulu ke dokter hewan.

Selain itu, kucing juga saling menatap di antara kucing. Tatapan ini biasanya dianggap sebagai tanda agresi atau hendak berkelahi. Jadi, hentikan segera tatapan tersebut. 

Untuk memisahkan keduanya dengan aman, cobalah membuat suara keras guna menakut-nakuti kucing satu sama lain. 

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Mengeluarkan Banyak Air Liur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com