Kompas.com - 26/09/2021, 11:17 WIB
Ilustrasi kucing melahirkan, kucing usai melahirkan. SHUTTERSTOCK/JULI_LI_PHOTOGRAPHERIlustrasi kucing melahirkan, kucing usai melahirkan.

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu memiliki kucing betina di rumah, mungkin kamu sudah mengalami perubahan perilaku yang terjadi pada kucing setelah mereka memiliki anak.

Namun jika belum, informasi ini akan berguna dan kamu bisa memahami perubahan perilaku pada kucing peliharaan setelah melahirkan

Beberapa kucing menjadi lebih agresif setelah melahirkan. Ini merupakan naluri alami induk kucing yang ingin menjaga anak-anaknya dari predator yang mengancam.

Melansir dari Pet The Nest, Minggu (26/9/2021), ini adalah perubahan perilaku kucing setelah mereka melahirkan.

Baca juga: Pemilik Harus Tahu, Ini Ciri-ciri Kucing Sedang Hamil

Mewaspadai manusia yang mendekat

Setelah melahirkan kucing menjadi sensitif dan lebih waspada terhadap sekitarnya. Ini juga terjadi pada kucing yang sebelumnya memiliki karakter pendiam dan lembut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sesaat setelah ia menjadi ibu, induk kucing akan menyadari jika ia adalah satu-satunya pelindung yang dimiliki bayi-bayi mereka saat baru lahir. Naluri ini membuat induk kucing berusaha keras untuk menjaga anak-anaknya tetap aman.

Mereka akan menunjukkan perlawanan saat ada manusia yang akan mendekati anaknya, ini akan mereda seiring bertambahnya usia anak kucing.

Baca juga: Mengenal Penyakit Panleukopenia pada Kucing, Gejala dan Penanganannya

Mewaspadai kucing lain

Meskipun induk kucing memiliki hubungan yang baik dan biasa bermain bersama dengan kucing lainnya dirumah, hal in bisa sedikit berbeda saat induk kucing baru saja melahirkan.

Ia mungkin akan mencoba mengusir kucing lain, bahkan saat mereka tidak sedang berada disekitar anak kucing.

Ini karena kucing jantan sering kali membunuh anak kucing dan induk ingin memastikan anaknya benar-benar aman.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.