Kompas.com - 19/09/2021, 14:27 WIB
Ilustrasi kucing ras Ragdoll. PIXABAY/KADISHAIlustrasi kucing ras Ragdoll.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tubuh yang sehat, setiap pemilik kucing juga perlu memastikan bulu kucing peliharaannya dalam keadaan sehat dan bersih. 

Bulu kucing yang sehat tidak hanya membuat kucing semakin menggemaskan, tetapi juga meminimalkan risiko terkena penyakit. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan bulu kucing. 

Dikutip dari kanal YouTube Kucing Om Wepe, Minggu (19/9/2021), berikut ini rahasia membuat bulu kucing sehat dan bersih. 

Baca juga: Fakta-fakta Tentang Bulu Kucing yang Indah

Pastikan genetis bulu kucing

Kualitas bulu seekor kucing tergantung pada genetisnya. Faktor genitis ini berhubungan erat dengan jenis bulu kucing, apakah long hair (berbulu panjang) atau short hair (berbulu pendek).

Jadi, kalau kucing memiliki jenis bulu short hair, jangan berharap bulunya menjadi panjang lebat. Namun, bukan berarti kucing dengan bulu short hair memiliki bulu dengan kualitas jelek.

Kalau dirawat dengan baik, bulu kucing short hair seperti kucing domestik atau kucing kampung bisa terlihat keren. Hal terpenting adalah menjaga bulu kucing tetap bersih, tidak ada kutu, juga bebas jamur

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 4 Faktor yang Membuat Bulu Kucing Berubah Warna

Menjaga kebersihan bulu kucing

Untuk menjaga kesehatan bulu kucing, ada beberapa hal yang harus diakukan, salah satunya menjaga kucing tetap dalam ruangan yang bersih.

Selain itu, kucing harus memiliki jadwal rutin untuk grooming (aktivitas untuk menjaga kebersihan dan kecantikan kucing).

Untuk kucing berbulu long hair, lalukan menyisir bulu kucing setiap hari agar bersih dan tidak gimbal. Selain itu, juga perlu di-grooming setiap tiga minggu sekali.

Sementara, bulu kucing short hair tidak perlu sering-sering di-grooming karena minim perawatan dibanding kucing long hair. 

Baca juga: Tips Menjaga Bulu Kucing Tetap Putih

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.