Kompas.com - 19/09/2021, 12:26 WIB
Ilustrasi tanaman aglonema Unsplash/Severin CandrianIlustrasi tanaman aglonema

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk daun adalah salah satu jenis pupuk yang dibutuhkan tanaman, termasuk aglonema. Pupuk ini memberikan unsur hara tambahan selain dari yang diserap akar tanaman.

Pengaplikasian pupuk daun pada tanaman aglonema dilakukan dengan cara disemprotkan, khususnya pada permukaan daun. Untuk hasil lebih maksimal, kamu perlu mengetahui teknik penyemprotan pupuk daun pada tanaman aglonema. 

Dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Minggu (19/9/2021), berikut ini teknik penyemprotan pupuk daun pada aglonema agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga: 5 Fakta Menarik tentang Tanaman Hias Aglonema

 

Campurkan pupuk daun dengan air

Karena pengaplikasiannya dilakukan dengan cara penyemprotan, maka larutkan pupuk daun dengan air. Pupuk daun yang digunakan untuk tanaman aglonema bisa menggunakan pupuk growmore 32-10-10.

Kamu perlu mencampurkan dua gram pupuk growmore 32-10-10 dengan satu liter air bersih. Setelah itu, aduk-aduk sampai pupuk daun larut merata dengan air. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apakah Tanaman Harus Disiram Setelah Diberikan Pupuk?

Lakukan penyemprotan pada pagi hari

Penyemprotan larutan pupuk daun pada tanaman aglonema perlu dilakukan pada pagi hari, kira-kira pukul 07.00.

Hal ini bertujuan agar tanaman aglonema bisa langsung dijemur di bawah terik sinar matahari pagi. 

Baca juga: Cara agar Aglonema Mengkilap dan Merah Merona dengan Bahan Alami

Semprotkan larutan pupuk daun sampai aglonema benar-benar basah

Ketika menyemprotkan larutan pupuk daun ke tanaman aglonema, pastikan daun, tangkai, batang, hingga bonggol aglonema benar-benar basah. 

 

Segera pindahkan aglonema setelah disemprot pupuk daun

Setelah tanaman aglonema disemprot pupuk daun hingga basah, segera pindahkan ke tempat yang ada cahaya matahari pagi untuk membuatnya kering sehingga menyerap nutrisi dari larutan pupuk daun. 

Baca juga: Ingin Merawat Anakan Aglonema? Ini Hal yang Harus Dihindari

Biarkan aglonema tetap dijemur

Jika tanaman aglonema sudah kering, biarkan tetap dijemur di bawah terik matahari pagi, kurang-lebih lima sampai 10 menit. Hal ini bertujuan agar penyerapan pupuk daun bisa lebih maksimal didapat aglonema. 

 

Pupuk daun ibarat bahan makanan bagi tanaman, sementara paparan cahaya matahari pagi secara langsung ibarat proses pemasakan makanannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.