Kompas.com - 01/09/2021, 08:01 WIB
Ilustrasi menanam sayuran dengan sistem hidroponik. PIXABAY/41330Ilustrasi menanam sayuran dengan sistem hidroponik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun hidroponik banyak dilakukan warga sejak pandemi virus corona (Covid-19) melanda pada tahun 2020 lalu.

Selain tidak membutuhkan banyak lahan, berkebun hidroponik, khususnya sayuran, juga memungkinkan kita untuk memanen hasilnya untuk diolah sendiri menjadi hidangan.

Sama seperti tanaman lainnya, tanaman hidroponik juga membutuhkan nutrisi untuk dapat hidup dan tumbuh dengan baik.

Baca juga: 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkebun Hidroponik

Dilansir dari laman resmi Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (1/9/2021), tanaman hidroponik akan menyerap unsur-unsur dalam media larutan nutrisi tersebut dalam konsentrasi yang tepat dan tidak meracuni. Kekurangan nutrisi tersebut akan menyebabkan pertumbuhan tanaman secara vegetatif dan generatif terganggu.

Setiap tanaman akan tumbuh baik jika unsur-unsur makro dan mikronya terpenuhi. Unsur hara (nutrisi) seperti Nitrogen (N) dibutuhkan untuk pertumbuhan awal tanaman (pertunasan) dan pembentukan daun.

Adapun Fosfat (P) dibutuhkan tanaman untuk perakaran sehingga dapat menyerap nutrisi (hara) dengan baik. Kalium (K) berperan penting pada proses fotosintesis dan mengontrol peralihan dari fase vegetatif menuju fase generatif atau reproduktif (pembentukan buah).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemberian nutrisi juga terkait erat dengan kadar asam (pH) larutan nutrisi. Larutan nutrisi harus dikontrol sedemikian hingga memiliki pH dengan kisaran yang disukai oleh tanaman, umumnya pH 5,5 sampai 6,5.

Baca juga: Tak Hanya Rockwool, Ini Media Tanam Hidroponik yang Bisa Dipilih

Nah, Anda bisa membuat pupuk hidroponik sendiri di rumah untuk menjamin asupan nutrisi tanaman. Berikut caranya.

Bahan dan alat yang dibutuhkan (untuk 10 liter larutan pupuk hidroponik)

  • 10 gram pupuk NPK 16-16-16, bisa menggunakan pupuk NPK Mutiara (1 sendok makan), 10 gram Pupuk KCL (1 sdm), 5 gram Pupuk Gandasil D atau pupuk Growmore hijau (setengah sendok makan)
  • 10 liter air sumur atau air sungai (jika menggunakan air PDAM sebaiknya diendapkan dahulu sekitar 7-10 hari)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.