Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Warna Gorden yang Sesuai dengan Ruangan

Kompas.com - 29/08/2021, 13:57 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Tirai atau gorden merupakan elemen dekorasi yang penting karena dapat membantu mempersonalisasi ruangan.

Dengan memilih warna tirai yang tepat, dapat membuat ruangan lebih hidup. Bahkan, ketika ingin mendekorasi ruangan tanpa mengeluarkan biaya besar, Anda dapat mengganti gorden untuk memberikan tampilan berbeda pada ruangan.

Dilansir dari Decor Tips, Minggu (29/8/2021), pemilihan warna gorden juga dipengaruhi warna dinding, gaya dekoratif rumah, dan aksesori yang ada di ruangan. Berikut ini tips memilih warna gorden yang sesuai dengan ruangan. 

Baca juga: 5 Aturan yang Harus Diketahui Sebelum Menggantung Gorden 

Ukuran ruangan

Tips pertama memilih warna yang tepat untuk gorden adalah ukuran ruangan yang akan didekorasi. Misalnya, jika kamar tidur berukuran kecil, sebaiknya pilih gorden berwarna netral seperti putih atau krem.

Menurut psikologi, warna netral memberikan efek amplitudo yang sangat signifikan. Di sisi lain, jika memiliki ruangan besar yang cukup untuk didekorasi, Anda dapat menggunakan warna yang lebih hangat dalam kisaran merah, kuning atau oranye.

Dengan begitu, Anda akan memiliki ruang yang jauh lebih hangat, lebih ramah, dan bersemangat. 

Baca juga: 4 Cara Memasang Gorden Tanpa Batang Rel

Warna dinding 

Warna dinding akan mempengaruhi warna gorden. Untuk kontras warna terlihat serasi, sebaiknya digunakan nuansa yang berpadu satu sama lain.

Umumnya, putih terlihat bagus pada ruangan mana pun. Padahal, cara kerjanya sebaliknya, gunakan gorden warna-warni untuk mengontraskan dinding putih.

Untuk dinding putih dan abu-abu, gorden biru sangat cocok untuk menciptakan suasana yang elegan dan segar. Dengan cara ini, Anda bisa bermain-main dengan kombinasi warna yang tidak biasa. 

Baca juga: 4 Jenis Gorden yang Dapat Mengurangi Suhu Panas Dalam Ruangan 

Warna elemen dekorasi lainnya 

Warna gorden juga sangat berkaitan dengan dekorasi dan elemen dekoratif yang dimiliki di rumah. Warna gorden tidak boleh menjadi pilihan yang terisolasi, baik itu di ruang tamu, kamar tidur, maupun dapur.

Hal terbaik adalah menggabungkan berbagai warna sehingga rumah terlihat serasi. Warna sofa, karpet, bantal, atau elemen dekoratif lainnya dapat menjadi inspirasi untuk memilih warna gorden sehingga menciptakan aspek pemersatu dalam bagan warna ruang.

Jadi, sebelum membuat keputusan, visualisasikan semua elemen Anda.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Memasang Gorden Kamar Tidur 

Bagaimana memilih warna gorden untuk kamar tidur anak? 

Kamar tidur anak-anak adalah ruang penting yang biasanya memerlukan dekorasi sedikit berbeda dari ruangan lainnya di rumah.

Hal ini karena kamar tidur anak membutuhkan pilihan yang tidak terlalu formal dan harus benar-benar disukai anak-anak. Karena itu, menerapkan pilihan bisa sangat melelahkan bagi anak-anak. 

Baca juga: Seberapa Sering Gorden Harus Dibersihkan?

Saat ini, kamar tidur anak-anak membutuhkan opsi di mana warna-warna cerah, ceria, dan hidup mendominasi. Pilihan yang baik adalah memilih gorden dengan karakter atau hewan favorit.

Namun, hindari memilih warna gelap. Setelah anak-anak tumbuh dewasa, Anda dapat memilih warna yang berbeda untuk gorden, yang lebih sesuai dengan selera dan kepribadian baru mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com