Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Tanaman Mawar agar Berbunga Cantik dan Banyak

Kompas.com - 24/08/2021, 16:20 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki tanaman bunga mawar yang berbunga cantik merupakan hal yang didambakan setiap pemiliknya.

Sebab, tanaman bunga mawar yang berbunga cantik dan banyak bisa semakin mempercantik tampilannya. 

Baca juga: 8 Kesalahan yang Membuat Tanaman Mawar Tidak Tumbuh dan Berbunga

Jika kamu memiliki tanaman mawar dan ingin membuatnya berbunga dengan cantik secara maksimal, ada beberapa tips yang perlu dilakukan.

Dikutip dari kanal YouTube Yetti Purnamasari, Selasa (24/8/2021), berikut ini tips merawat bunga mawar agar menghasilkan bunga yang cantik dan banyak. 

Baca juga: 6 Cara Merawat Tanaman Mawar agar Rajin Berbunga

Beri pupuk growmore 10-55-10

Tips merawat bunga mawar agar berbunga cantik dengan maksimal adalah memberinya pupuk growmore 10-55-10. Pupuk ini biasa digunakan untuk pertumbuhan bunga mawar supaya lebih maksimal dan lebih cantik.

Pupuk growmore 10-55-10 adalah pupuk dengan kandungan nitrogen sebanyak 10 persen, fosfat 55 persen, dan kalium 10 persen.

Baca juga: 8 Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Pupuk Bunga Mawar

Pupuk ini sangat baik untuk merangsang perakaran pada pembibitan, stek (cutting), atau waktu pemindahan bibit tanaman.

Pengaplikasian pupuk growmore 10-55-10 ke tanaman bunga mawar perlu dilakukan dengan cara disemprot.

Sediakan satu liter air, lalu tambahkan pupuk growmore 10-55-10 sebanyak ujung sendok makan (sekitar satu sampai dua gram). Kemudian, aduk-aduk agar pupuk growmore larut merata dengan air. 

Baca juga: 10 Warna Bunga Mawar yang Cantik, Dapat Ditanam di Rumah

Setelah selesai diaduk, masukkan larutan pupuk growmore 10-55-10 kebotol semprot. Kemudian, semprotkan pada tanaman bunga mawar.

Semprot secara merata sampai semua bagian tanaman terkena seperti batang, daun, juga media tanamnya. Lakukan penyemprotan pupuk growmore 10-55-10 setiap dua minggu sekali pada pagi hari agar pupuk tidak menguap terkena panas matahari. 

Baca juga: Cara Mengusir Lebah Pemotong Daun dari Tanaman Bunga Mawar

Beri air cucian beras

Selain menyemportkan pupuk growmore 10-55-10, kamu juga bisa menggunakan air cucian beras untuk menyiramkan ke tanaman bunga mawar. 

Hal ini bermanfaat membuat tanaman mawar memiliki bunga yang rimbun. Siram tanaman bunga mawar dengan air cucian beras pada pagi hari.

Cukup siramkan sebanyak 150 mililiter air cucian beras ke setiap satu tanaman bunga mawar dan lakukan penyiraman setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com