Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2021, 18:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan orang mengasosiasikan mawar dengan cinta, terlebih diberikan pada hari kasih sayang atau Valentine. Namun, bunga-bunga indah ini lebih dari sekadar klise hari Valentine.

Mawar hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan corak yang menakjubkan sehingga menjadikannya bunga yang benar-benar beragam serta menjadi favorit di pekarangan di seluruh negeri. 

Baca juga: Pakai 5 Bahan Ini agar Mawar Rajin Berbunga

Selain itu, mawar juga menjadi bunga populer dan favorit di dunia. Lantaran menjadi bunga populer, membuat fakta bunga mawar cukup banyak diketahui orang. Namun, tak sedikit pula yang masih belum mengetahui fakta bunga terindah di dunia ini.

Nah, melansir dari laman Better Homes and Gardens, Selasa (27/7/2021), berikut ini enam fakta menarik bunga mawar yang mungkin belum diketahui. 

Baca juga: Cara Menanam Bunga Mawar dari Buket

Salah satu bunga tertua

Para arkeolog telah menemukan fosil mawar berumur 35 juta tahun. Lebih mengejutkan, mawar tertua yang masih hidup berusia 1.000 tahun. 

Mawar abadi yang mengesankan ini tumbuh di dinding Katedral Hildesheim di Jerman. Tidak heran, jika mawar telah menjadi rujukan atau inspirasi dalam sastra dan musik selama berabad-abad. 

Baca juga: Langkah Membuat Buket Bunga Mawar agar Awet di Dalam Vas 

Bunganya bisa dimakan 

Tak hanya menjadi buket bunga dan dekorasi, ternyata kelopak mawar dapat dimakan dan air mawar (dibuat dari perendaman kelopak) sering ditambahkan ke jeli atau selai atau digunakan sebagai penyedap masakan India dan Cina.

Mawar juga menumbuhkan buah berbentuk berry yang disebut pinggul mawar. Buahnya bisa berwarna oranye, merah, ungu tua, bahkan hitam.

Pinggul mawar dikemas dengan vitamin C dan dapat digunakan dalam koktail atau dikeringkan untuk membuat teh yang menyegarkan. 

Baca juga: Tips Mudah Menanam Mawar dari Stek 

Aroma mawar digunakan dalam parfum

Aroma bunga mawar adalah aroma bunga yang populer, bahkan banyak digunakan dalam parfum wanita. Ini merupakan salah satu fakta menarik bunga mawar. 

Secara khusus, minyak mawar telah menjadi bahan penting dalam industri parfum selama berabad-abad.

Proses mengekstraksi minyak mawar dari bunga membutuhkan mawar dalam jumlah besar, dua ribu mawar hanya menghasilkan satu gram minyak. 

Baca juga: Tanah Seperti Apa yang Baik untuk Mawar? Ini Penjelasannya 

Setiap warna memiliki arti berbeda

Bunga mawar memiliki lebih dari 10 warna berbeda. Setiap warna indah dan mempunyai makna tertentu.

Mawar merah melambangkan cinta dan romansa, mawar pink memancarkan keanggunan dan elegan, serta mawar kuning melambangkan persahabatan dan keceriaan.

Ada pula mawar putih yang melambangkan kemurnian, spiritualitas, kepolosan, dan rasa simpati yang banyak ditemukan pada acara pemakaman. Selain itu, mawar oranye yang mewakili antusiasme. 

Baca juga: Mengapa Mawar Tidak Berbunga? Ternyata Ini Penyebabnya 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com