Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2021, 11:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa disadari, ada beberapa tanda lecet yang muncul di dinding. Tanda ini memiliki ragam penyebab, mulai dari dinding terbentur benda, atau terseret furnitur. Ketika ini terjadi, akan memberikan penampilan yang buruk pada permukaan dinding atau wallpaper.

Melansir dari The Spruce, Jumat (20/8/2021), untungnya, bekas lecet ini mudah dihilangkan saat masih segar dengan menggunakan produk sederhana seperti baking soda atau soda kue dan sabun cuci piring.

Bagaimana cara menghilangkannya? Berikut penjelasannya.

Baca juga: 6 Inspirasi Warna Dinding Aksen untuk Setiap Ruangan

1. Gunakan kain dan air

Banyak bekas lecet baru dapat dihilangkan hanya dengan menggosok bekasnya dengan kain putih lembut yang sedikit lembap. Itu selalu yang terbaik untuk mencobanya untuk menghindari kerusakan cat.

Setelah mencelupkan kain ke dalam air, berikan sedikit tekanan dan, jika bekasnya hilang, gosok area tersebut dengan kain putih kering.

2. Rawat dengan cairan sabun cuci piring

Jika tanda tidak hilang, lanjutkan ke langkah berikutnya. Campurkan larutan setengah sendok teh cairan pencuci piring dan dua cangkir air hangat.

Gunakan kain lembut yang sama dan gosok kembali bekasnya. Jika hampir hilang, tetapi masih terlihat, taburkan sedikit baking soda atau soda kue pada kain dan gosok kembali.

 

Baca juga: 5 Cara Mempercantik Dinding Rumah dengan Anggaran Minim

Saat tanda hilang, bersihkan noda dengan kain lembap yang dicelupkan ke dalam air biasa dan keringkan.

3. Gunakan spons melamin

Hal terakhir yang harus dicoba adalah spons pembersih melamin. Basahi dan peras airnya. Gosok noda dengan tekanan lembut dan stabil.

Jangan terlalu bersemangat menggosok noda, karena cat akan terkelupas. Akhiri dengan menyeka area tersebut dengan kain lembap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com