Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Mengapa Anak Anjing Tak Berhenti Menggonggong

Kompas.com - 20/08/2021, 00:05 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Rover

JAKARTA, KOMPAS.com--Ketika kamu merasa bahwa gonggongan anak anjingmu sudah keterlaluan dan semakin sering, itu tandanya kamu harus lebih memperhatikan mereka.

Pasalnya, alasan anak anjing menggonggong bisa sangat banyak, mulai dari hanya cari perhatian, hingga perasaan cemas.

Dengan memahami alasan gonggonggan anak anjing, kamu mungkin akan lebih mudah menjalin kedekatan dengan mereka dan bisa mengurangi gonggongan. 

Berikut adalah enam alasan mengapa anak anjing menggonggong terus-menerus seperti dilansir dari Rover, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Yuk Bantu Kontrol Populasi Kucing dan Anjing dengan Adopsi

1. Sedang takut

Apakah anak anjing menggonggong setiap kali bel pintu berbunyi? Jika dia gelisah, anjing mungkin menggonggong karena takut. Untuk memastikan hal itu, lihat juga bahasa tubuh anjing, jika ia tampak kaku, itu tandanya anak anjing menggonggong karena sedang takut.

2. Menjaga teritorial

Seekor anjing akan membunyikan alarm setiap kali seseorang mendekati properti pemiliknya karena nalurinya untuk melindungi yang sudah ada meski masih kecil.

Menurut PetMD, kamu dapat mengenali gonggongan teritorial dengan volumenya yang keras dan sikap waspada atau agresif yang ditunjukkan anjing.

Hal ini biasanya sangat menggemaskan untuk ditonton, karena anjing kecilmu tampak sangat berani meskipin tubuhnya masih sangat mungil.

3. Bosan atau kesepian

Jika anak anjing dibiarkan sendirian di depan rumah sepanjang hari, mereka bisa merasa sangat bosan atau bahkan depresi.

Untuk mengatasinya, anak anjing akan menggongong. Karena itulah, kamu sebaiknya menyisikan waktu untuk bermain bersama mereka setiap hari meski hanya sebentar.

Baca juga: Pahami, Sederet Tanggung Jawab Sebelum Pelihara Anjing

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com