Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mencuci Pakaian Menjadi Lebih Baik dan Menyenangkan

Kompas.com - 13/08/2021, 21:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ahs

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian bisa dibilang sebagai tugas pembersihan di rumah yang tidak disukai semua orang di dunia.

Sebab, kegiatan ini bisa sangat melelahkan, tetapi tidak ada cara untuk menghindarinya. Bagaimana pun pakaian harus dicuci demi menghindari penumpakan, bau, serta membuat rumah berantakan. 

Baca juga: Cara Mencuci Pakaian Olahraga agar Tidak Rusak dan Awet

Namun, mencuci pakaian bisa menjadi ringan dan menyenangkan, asal dilakukan dengan tepat serta hati gembira. Bahkan, membuat hasil cucian atau pakaian menjadi lebih bersih.

Melansir dari American Home Shield, Jumat (13/8/2021), berikut ini tips mencuci pakaian menjadi lebih baik dan menyenangkan.  

Baca juga: Hindari, 10 Kesalahan Umum Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci 

Sortir laundri berdasarkan warna dan bahan

Untuk menjaga pakaian agar tidak terkena lunturan satu sama lain, Anda perlu menyortirnya terlebih dulu sebelum memasukkan ke mesin cuci.

Beli satu atau dua keranjang ekstra untuk menyortir dengan mudah dan simpan beberapa menit berharga itu untuk sesuatu yang lebih menyenangkan. 

Baca juga: Aturan Mencuci Pakaian Menggunakan Tangan

Cuci barang binatu lebih cepat

Untuk membuat kegiatan mencuci pakaian menjadi ringan dan cepat, cobalah menjalankan siklus pencucian cepat atau quick wash pada mesin cuci Anda. 

Ini tentu menghemat waktu pencucian sehingga Anda bisa melanjutkan pekerjaan rumah lainnya atau lebih cepat bersantai. 

Baca juga: Aturan Mencuci Pakaian Menggunakan Mesin Cuci agar Tidak Rusak

Mengatasi kerutan

Ketika memasukkan pakaian ke mesin pengering, pakaian tidak hanya cepat mengering, tetapi juga membuat kusut atau kerutan.

Namun, untuk mengatasinya, Anda dapat memasukkan handuk kecil basah ke mesin pengering, lalu jalankan selama lima sampai 10 menit. Dalam waktu cepat, pakaian akan bebas kerut. 

Baca juga: Sulit Singkirkan Pakaian yang Menumpuk? Coba Pertimbangkan 5 Hal Ini 

Pakaian tidak menyusut

Ini mungkin terdengar seperti sulap, tetapi ini nyata. Cukup isi bak cuci dengan air hangat, tuangkan sebotol sampo bayi, dan biarkan pakaian meresap selama sekitar lima menit.

Keluarkan pakaian dari bak cuci dan peras, tetapi jangan membilasnya. Selanjutnya, letakkan pakaian di atas handuk kering dan gulung ke dalam untuk menyerap air lebih banyak lagi.

Kemudian, di atas handuk baru, letakkan pakaian sekali lagi. Namun, kali ini, regangkan serat yang longgar hingga secara resmi kembali ke ukuran dan bentuk aslinya. 

Baca juga: 5 Manfaat Detergen selain Mencuci Pakaian

Hilangkan lint balls 

Sweater sering kali mengalami masalah lint balls atau serat-serat pakaian muncul atau keluar dari kain. Untuk mengatasinya, cukup gunakan batu apung guna menghilangkan serat dan pilling, lalu gunakan lint roller untuk mengangkatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com