Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Anjing Semakin Tua dan Apa yang Harus Dilakukan

Kompas.com - 04/08/2021, 23:38 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Pets Radar

JAKARTA, KOMPAS.com--Anjing menua pada tingkat yang berbeda, jadi perhatikan tanda-tanda anjing semakin tua adalah salah satu cara untuk mengetahui kapan mereka mencapai usia senior mereka.

Dokter hewan menganggap kuartal terakhir dari kehidupan anjing bisa memengaruhi kesehatan dan perilaku anjing.

Penting untuk dipahami bahwa usia bukanlah penyakit. Anjing bisa menjadi tua, namun sangat sehat, jadi usia tidak akan memiliki gejala.

Namun, banyak penyakit yang lebih umum terjadi pada usia tua, dan seringkali ini disalahartikan sebagai tanda-tanda usia tua pada anjing.

Berikut adalah delapan tanda penuaan pada anjing dan apa yang bisa dilakukan oleh pemiliknya seperti dilansir dari Pets Radar, Rabu (4/8/2021).

Baca juga: 8 Ras Anjing Asal Jepang yang Lucu dan Menggemaskan

1. Mereka menjadi kaku

Kamu mungkin telah memperhatikan anjing menjadi agak kaku di pagi hari.

Namun, kekakuan tidak terkait dengan usia tua itu sendiri, tetapi sebenarnya merupakan tanda bahwa mereka mungkin menderita radang sendi, kondisi sendi yang menyakitkan yang mempengaruhi 80% anjing di atas usia 8 tahun.

Banyak pemilik anjing berpikir bahwa kekakuan adalah bagian normal dari penuaan, tapi alangkah lebih baik jika kamu menemui dokter hewan untuk mendapatkan pereda nyeri dan saran lain untuk meredakan nyeri artritis.

Misalnya, membelikan anjing tempat tidur anjing ortopedi terbaik, biasanya dapat menenangkan tanda-tanda bahwa anjing semakin tua.

2. Menjadi tuli

Salah satu tanda anjing semakin tua adalah kehilangan pendengaran sampai batas tertentu, meskipun terkadang sulit untuk mengetahui apakah mereka benar-benar tuli atau hanya memiliki pendengaran selektif di usia tua.

Kecuali jika disertai dengan sakit telinga, kepala miring, atau pembengkakan tengkorak, ketulian tidak perlu dikhawatirkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com