Kompas.com - 01/08/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi aglonema maria SHUTTERSTOCK/DROPSTOCKIlustrasi aglonema maria

JAKARTA, KOMPAS.com - Aglonema yang sehat dan bebas dari jamur adalah suatu hal yang diinginkan setiap orang yang merawatnya. 

Namun, hal itu tidak bisa dilakukan sekaligus dalam satu cara dan bahan yang sama. Ada beberapa bahan dan cara perawatan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan aglonema yang sehat, subur, serta terbebas dari jamur.

Dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Minggu (1/8/2021), berikut ini paket lengkap perawatan aglonema agar subur dan bebas jamur. 

Baca juga: Ciri-ciri Aglonema Mengalami Stres dan Cara Mengatasinya

Fungsida antracol

Musuh tanaman aglonema adalah jamur dan bakteri. Demi mencegah aglonema tidak terkena jamur, gunakan fungisida antracol sebagai bahan antijamur.

Bahan satu ini cukup penting dimiliki dalam merawat aglonema. Fungsi utama dari fungisida antracol adalah membasmi dan mencegah jamur muncul serta menempel pada tanaman aglonema

Baca juga: 4 Penyebab Daun Aglonema Mengecil dan Cara Mengatasinya 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pupuk growmore dan gandasil D

Untuk pupuk, sebenarnya kamu bisa menggunakan pupuk apa saja, asalkan cara pengaplikasiannya benar dan rutin.

Apabila cara pengaplikasiannya kurang tepat, apalagi tidak rutin, hal ini dapat menimbulkan bahaya, terutama untuk jenis-jenis pupuk yang mengandung panas seperti NPK Mutiara.

Baca juga: Tips Sederhana dan Efektif Membuat Aglonema Tumbuh Subur dengan Cepat 

Kamu bisa menggunakan pupuk growmore untuk memperbesar pertumbuhan anakan aglonema atau merawat aglonema agar cepat beranak atau bertunas.

Pupuk growmore memiliki kandungan nitrogen (N) yang lebih banyak sehingga mempercepat pertumbuhan daun dan tunas baru, Kamu juga bisa menggunakan pupuk gandasil D untuk pupuk normal aglonema. 

Baca juga: Manfaat Bawang Putih untuk Aglonema dan Cara Pengaplikasiannya

Rapid root plus

Rapid root plus adalah paket perawatan aglonema lainnya yang berguna mempercepat pertumbuhan akar. Rapid root plus biasanya digunakan untuk stek tanaman atau batang dan dahan yang biasanya langsung dioleskan.

Apabila akar aglonema kurang lebat, kamu bisa menyiramkan cairan rapid root plus sesuai anjuran ke tanaman aglonema setiap satu bulan sekali atau tiga minggu sekali agar akarnya lebat.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.