Kompas.com - 25/07/2021, 15:34 WIB
Ilustrasi noda pada pakaian. SHUTTERSTOCK/THAMKCIlustrasi noda pada pakaian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunyit menjadi salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan untuk memasak atau membuat sajian makanan seperti gulai dan opor ayam.

Kunyit mampu melezatkan hidangan dan membuat cantik warna masakan. Sayangnya, ketika menyatap hidangan menggunakan kunyit, terkadang makanan terjatuh atau terkena pakaian. Akibatnya, pakaian menjadi kotor dan meninggalkan noda kuning. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kunyit pada Pakaian dan Kain

Namun, tak perlu khawatir. Noda kuning akibat kunyit pada pakaian bisa dihilangkan dengan mudah. Hal ini hanya membutuhkan sedikit pengetahuan dari ahli.

Nah, melansir dari laman Taste of Home, Minggu (25/7/2021), berikut ini langkah membersihkan noda kunyit pada pakaian

Baca juga: Cara Menanam Kunyit di Dalam Ruangan 

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Kain putih
  • Air dingin
  • Sabun cuci dengan kekuatan ekstra
  • Pemutih yang aman untuk warna pakaian 

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Noda Cat Kuku di Baju

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara menghilangkan noda kunyit pada pakaian

Cara terbaik menghilangkan noda kuning pada pakaian adalah segera membersihkannya sebelum noda mengeras. Noda kunyit yang telah mengering lebih sulit diatasi daripada yang masih baru atau basah. Nah, berikut ini langkah-langkah membersihkan noda kunyit pada pakaian.

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah segera mengikis noda kunyit yang menempel pada pakaian menggunakan sendok. 

2. Selanjutnya, ikuti proses pencuci dengan membaca label pada pakaian. Jika pakaian hanya diberi label dry clean, jangan masukkan ke mesin cuci

Baca juga: 5 Bahan di Dapur yang Ampuh Bersihkan Noda pada Pakaian

Bawa ke binatu atau gunakan sistem dry cleaning di rumah seperti Dryel. Begitu pun bila kunyit menempel pada kain halus seperti sutra atau kasmir, selalu lakukan tes titik di area yang tidak terlihat sebelum menggunakan penghilang noda atau detergen apa pun. 

3. Setelah menentukan cara pencucian yang aman, lepaskan pakaian dan siram dengan air dingin dari belakang, bilas sebanyak mungkin noda kunyit.

Hindari menggosok area yang terkena karena dapat membuat noda kunyit menyebar lebih jauh ke area pakaian atau kain lainnya. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda dan Bau Keringat pada Pakaian

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.