Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2021, 13:53 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Busuk akar menjadi salah satu permasahalan yang bisa terjadi pada tanaman aglonema. Batang yang terlihat tidak kokoh, daun mulai menguning, dan layu adalah beberapa ciri-ciri aglonema mengalami busuk akar.

Jika aglonema mengalami busuk akar, segera diatasi agar tidak mengakibatkan aglonema mati.

Dikutip dari kanal YouTube Pupuk Lahan, Minggu (18/7/2021), berikut ini cara ampuh mengatasi aglonema yang busuk akar dan daun layu. 

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Racikan Sendiri untuk Aglonema

Perhatikan daun aglonema

Sebelum mengatasi busuk akar, coba diperhatikan terlebih dahulu perubahan pada daun aglonema yang dimiliki.

Kadang-kadang daun aglonema layu dan terkulai bisa saja disebab oleh sering terkena hujan atau terlalu sering disiram sehingga media tanamnya basah.

Jadi, penanganan awal yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba mengeringkan media tanam. Caranya, lubangi beberapa titik sekeliling media tanam menggunakan kayu sampai ke dasar pot. 

Baca juga: 3 Kesalahan yang Membuat Daun Aglonema Kusam

Dengan melakukan cara ini, media tanam cepat kering dan tanaman aglonema mendapat sirkulasi udara segar di sekitar akarnya.

Jika belum busuk akar, cara ini bisa menyegarkan kembali daun aglonema yang layu. Seandainya cara mengeringkan media tumbuh berhasil, ini menunjukkan aglonema belum terinfeksi jamur busuk akar.

Namun, jika sudah mengalami busuk akar, kamu perlu segera mengatasinya sebelum aglonema mati. Berikut ini cara yang bisa dilakukan.  

Baca juga: Bahan Alami yang Ampuh Mengilapkan Daun Aglonema

  • Cabut tanaman aglonema

Cabut aglonema dari media tanam beserta akarnya, lakukan dengan hati-hati dan buang tanah yang menempel pada akar.

Singkirkan juga semua media tanam aglonema yang mengalami busuk akar agar tidak menginfeksi tanaman hias atau aglonema yang lain. 

Baca juga: Cara Penyemprotan Larutan Pupuk Daun pada Aglonema

  • Potong daun dan batang aglonema

Potong daun-daun aglonema yang terinfeksi jamur sampai pangkal daun menggunakan pisau tajam yang steril. Biasanya, daun aglonema yang terinfeksi jamur akan berwarna kecokelatan.

Setelah itu, potong akar aglonema yang membusuk. Potong juga bagian pangkal batang aglonema jika terlihat membusuk atau berwarna bintik kecokelatan di bagian daging dalamnya. 

Baca juga: Manfaat Bawang Merah untuk Aglonema dan Cara Pengaplikasiannya

  • Oleskan antijamur pada bekas potongan

Cuci aglonema dan olesi antijamur pada bekas potongan atau sayatan pisau di bagian pangkal daun, akar, dan pangkal batang. Salah satu antijamur yang bisa digunakan adalah antracol.

  • Beri media tanam baru

Masukkan media tanam baru yang steril dari jamur ke dalam pot. Sebelum mengisi media tanam baru, bersihkan pot terlebih dahulu dari sisa-sisa media tanam lama.

Atau sebaiknya menggunakan pot baru agar bisa yakin bahwa aglonema terbebas dari jamur. 

Baca juga: Komposisi Media Tanam untuk Aglonema dan Cara Membuatnya

  • Tanam kembali aglonema ke media tanam baru

Tanam kembali aglonema yang sudah diolesi antijamur ke dalam media tanam baru. Tempatkan tanaman aglonema pada tempat teduh, terlindungi dari hujan dan sinar matahari langsung, sampai aglonema yang busuk akar tumbuh kembali daun-daunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com