Kompas.com - 15/07/2021, 15:14 WIB
Ilustrasi aglonema red valentine. SHUTTERSTOCK/PUSPA WARNAIlustrasi aglonema red valentine.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu masalah yang bisa dialami tanaman aglonema adalah daun menjadi kusam dan tidak cerah.

Ketika daun aglonema kusam, hal itu membuat tanaman terlihat tidak cantik serta kurang menarik perhatian. Penyebab daun aglonema kusam bisa karena kesalahan perawatan pemiliknya.

 

Dikutip dari kanal YouTube Shanz Berkebun, Kamis (15/7/2021), berikut ini tiga kesalahan yang membuat daun aglonema kusam. 

Baca juga: Cara Penyemprotan Larutan Pupuk Daun pada Aglonema

Terpapar temperatur tinggi

Daun aglonema yang terlalu banyak mendapatkan temperatur tinggi dapat membuatnya kusam dan tidak cerah. Hal ini bisa terjadi apabila tanaman aglonema diletakkan di tempat dengan udara atau temperatur suhunya tinggi.

Selain itu, ketika aglonema dijemur pada waktu yang salah atau tidak tepat, hal ini turut mempengaruhi daun aglonema menjadi kusam dan tidak cerah. Karena itu, sebaiknya menjemur aglonema pada pagi hari, yakni pada pukul 07.00-10.00. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Manfaat Bawang Merah untuk Aglonema dan Cara Pengaplikasiannya

Apabila aglonema dijemur lewat dari pukul tersebut, aglonema memperoleh temperatur suhu matahari yang lebih tinggi sehingga warna daunnya akan terlihat kusam dan tidak cerah.

Jadi, perhatikan suhu temperatur yang didapat aglonema. Jangan sampai kepanasan dan usahakan mematikan lampu pada malam hari. Sebab, panas dari lampu juga bisa memberi panas pada daun aglonema yang sedang beristirahat. 

Baca juga: Komposisi Media Tanam untuk Aglonema dan Cara Membuatnya

Media tanam yang digunakan tidak tepat

Kesalahan kedua yang bisa menyebabkan daun aglonema kusam dan tidak cerah adalah menggunakan media tanam yang tidak tepat.

Media tanam sangat penting bagi tanaman aglonema karena memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan daun agar lebih cerah dan indah.

Tanaman aglonema membutuhkan media tanam yang poros atau tidak mudah tergenang air sehingga air mudah meresap dan keluar dari pori-pori.

Baca juga: Ragam Manfaat Air Cucian Beras untuk Aglonema 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.