Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Kucing yang Cocok untuk Dipelihara Penderita Alergi

Kompas.com - 07/07/2021, 11:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda adalah pecinta kucing namun memiliki alergi ringan, Anda masih bisa memelihara kucing di rumah. Pasalnya, beberapa ras kucing diklaim tidak memicu alergi.

Ini lantaran tingkat pelepasan alergennya atau karena mereka menghasilkan lebih sedikit protein Fel d 1, yakni alergen yang umum. Ras kucing yang dianggap baik untuk penderita alergi bervariasi dalam penampilan dan temperamen.

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (7/7/2021), penting untuk dicatat bahwa masing-masing ras kucing ini masih dapat memicu alergi, karena setiap kucing akan memiliki alergen yang sedikit berbeda.

Baca juga: Fakta-fakta tentang Kucing Bermata Biru

Berikut adalah 10 ras kucing yang cocok untuk dipelihara oleh para penderita alergi.

Ilustrasi kucing Balinese. SHUTTERSTOCK/FAZLYEVA KAMILLA Ilustrasi kucing Balinese.

1. Balinese

Kucing Balinese hampir identik dengan kucing Siamese dalam banyak hal, kecuali bulunya yang panjang dan ekornya yang penuh bulu.

Meskipun bulunya panjang, ras yang penyayang dan aktif ini bulunya tidak mudah rontok dan hanya perlu disisir setiap minggu.

Kucing-kucing ini juga mungkin memiliki lebih sedikit protein Fel d 1 yang menyebabkan alergi daripada banyak kucing lainnya.

Baca juga: Tanaman Dracaena Variegata Beracun untuk Kucing, Ini Penjelasannya

2. Cornish Rex

Beberapa orang percaya bahwa bulu pendek bergelombang dari kucing Cornish Rex tidak cenderung banyak rontok seperti kucing berambut panjang atau kucing dengan bulu lebat.

Kucing Cornish Rex hanya memiliki lapisan bulu bawah yang halus dan tidak memiliki lapisan bulu atas sama sekali. Kucing ini umumnya sangat cerdas dan aktif, dan suka menjadi pusat perhatian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com