Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melatih Anak Kucing Membuang Kotoran Memakai Kotak Pasir

Kompas.com - 02/07/2021, 18:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam memelihara kucing, pemilik tak hanya harus menyediakan tempat tinggal dan makanan, tetapi juga menyediakan tempat buang air dan kotoran untuk kucing.

Jika tidak disediakan, kucing akan membuang air dan kotoran sesuka hati mereka sehingga menyebabkan bau tak sedap di rumah

Baca juga: Penyebab Diare pada Kucing dan Cara Mencegahnya

Dilansir dari Daily Paws, Jumat (2/7/2021), pemilik kucing harus menyediakan kotak pasir untuk kebutuhan kucing saat buang air dan kotoran.

Kucing termasuk hewan peliharaan yang relatif mudah untuk diajarkan membuang air di kotak pasir karena naluri alami mereka untuk menggali dan mengubur.

“Kucing secara alami akan menghilangkan atau mengubur kotoran mereka ke dalam tanah atau pasir,” kata Maria Delgado, UC Davis School of Veterinary Medicine. 

Baca juga: Apa Kucing Boleh Makan Telur? Ini Penjelasannya

Hewan berbulu ini juga dapat membersihkan diri mereka sendiri. “Hal tersebut merupakan naluriah bagi kucing untuk mengubur kotorannya dengan bahan jenis ini,” katanya.

Akan tetapi, bagaimana melatih anak kucing yang baru agar membuang kotoran di kotak pasir itu? Berikut cara melatih anak kucing menggunakan kotak pasir. 

Cara melatih anak kucing menggunakan kotak pasir 

Delgado merekomendasikan untuk menjaga anak kucing di ruang yang lebih kecil ketika masih muda guna membantu mereka belajar menggunakan kotak pasir. 

“Saat Anda meningkatkan akses wilayah mereka menjadi lebih besar, pastikan selalu ada kotak pasir di dekatnya sampai mereka sedikit lebih tua,” katanya. 

Baca juga: 5 Risiko Kesehatan pada Kucing yang Kegemukan

Pastikan anak kucing memiliki akses yang mudah ke beberapa kotak pasir bersisi rendah agar mereka lebih mudah menggunakannya.

Selain itu, siapkan beberapa kotak pasir di dalam rumah sehingga kucing dapat dengan mudah menggunakannya. 

Faktor lain yang dapat mempengaruhi keberhasilan anak kucing menggunaan kotak pasir adalah usia dan jenis kotorannya. 

Baca juga: Apakah Kucing Tahu Namanya? Simak, Ini Penjelasan Ahli

Cristin Tamburo Coll, Konsultan Perilaku Kucing Bersertifikat di The Cat Counselor di Los Angeles, Amerika Serikat, menekankan bahwa terkadang tidak aman menggunakan jenis pasir tanah liat yang menggumpal saat anak kucing berusia tujuh minggu hingga tiga bulan.

“Sama dengan balita manusia, anak kucing suka memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Berhati-hatilah dengan jenis pasir yang Anda gunakan. Wood pellet atau kertas koran paling baik untuk usia ini,” katanya. 

Baca juga: 11 Keadaan Darurat Kucing yang Butuh Segera Dibawa ke Dokter

Tantangan 

Sementara itu, pemilik kucing peliharaan liar akan menghadapi serangkaian tantangan yang berbeda. Maka itu, lokasi kotak pasir adalah faktor yang sangat penting saat melatih anak kucing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com