Kompas.com - 02/07/2021, 16:10 WIB
Ilustrasi ruang keluarga. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOWIlustrasi ruang keluarga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna memainkan peran penting dalam menciptakan suasana dan nuansa pada ruangan. Untuk itu, perlu hati-hati dan teliti saat memilih warna cat yang tepat untuk setiap ruangan di rumah

Seperti dilansir dari Love to Know, Jumat (2/7/2021), pemilihan warna untuk ruangan menjadi mudah jika Anda mengikuti salah satu aturan desain interior. 

Baca juga: 3 Tips Penggunaan Kombinasi Dua Warna Cat untuk Kamar Tidur Sempit

Panduan yang telah teruji waktu ini akan membantu Anda menemukan warna terbaik untuk digunakan dalam dekorasi rumah.

Ada aturan dalam desain interior untuk penggunaan warna dalam ruangan, yakni 60-30-10. Skema ini adalah presentase penggunaan warna pada ruangan. Bagaimana cara mengaplikasikan skema ini? Berikut ulasannya.  

Baca juga: 5 Kombinasi Warna untuk Kamar Tidur Kecil

60 persen warna utama 

Warna utama harus mewakili 60 persen dari warna yang digunakan dalam desain ruangan Anda. Ini biasanya mencakup warna dinding, warna lantai, baik karpet maupun keramik, dan warna satu atau dua furnitur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini juga termasuk perawatan jendela seperti tirai atau gorden. Semua ini tidak harus warna solid, tetapi warna utama harus selalu menonjol. 

Baca juga: 5 Ide Membuat Ruang Kerja di Rumah Tidak Membosankan dan Penuh Warna

30 persen warna sekunder 

Warna sekunder akan mewakili 30 persen dari skema warna dekorasi Anda. Memiliki setengah dari jumlah warna utama, warna sekunder tidak akan menyaingi warna utama.

Sebaliknya, warna sekunder ini harus kontras dengan warna utama sehingga dapat menciptakan kedalaman dan titik fokus pada dekorasi ruang tersebut. 

Baca juga: Tren Dekorasi Kamar Bayi 2021, Warna Netral hingga Sentuhan Kuning 

10 persen warna aksen 

Warna berikutnya akan menjadi sepertiga dari warna sekunder dan seperenam dari warna utama. Warna ini ditunjuk sebagai warna aksen.

Tujuannya, memberikan minat dan kontras yang lebih besar pada skema warna Anda. Warna ini harus digunakan di seluruh dekorasi untuk menarik perhatian lebih dalam ke dalam desain ruangan. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias Bunga Cantik Beraneka Warna, Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.