Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2021, 14:58 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapatkan aglonema yang sehat dan cantik tentu menjadi hal yang ingin dicapai setiap pemilik aglonema.

Tampilan aglonema yang sehat dan cantik bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya dan enak dipandang. Untuk mewujudkannya, ada berbagai hal yang perlu dilakukan. 

Baca juga: Catat, Ciri-ciri Aglonema yang Sehat dan Subur

Dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Senin (21/6/2021), salah satu cara membuat aglonema sehat dan cantik adalah menjemurnya ke sinar matahari pagi secara langsung.

Jemur tanaman aglonema setiap pagi hari secara rutin setiap pukul 08.00-09.00. Lamamya waktu menjemur aglonema bisa berbeda-beda, tergantung tingkat kepanasan matahari pagi.

Jika kondisi sinar matahari pagi terasa benar-benar panas, jemur aglonema selama 15-20 menit. Namun, kalau tidak panas atau mendung, jemur aglonema selama 30 menit. 

Baca juga: Cara Menanam Aglonema Rotundum Aceh dengan Baik

Menjemur tanaman aglonema setiap pagi memberikan banyak manfaat. Berikut manfaat menjemur aglonema pada pagi hari

Fotosintesis lebih maksimal

Menjemur aglonema di bawah sinar matahari pagi secara langsung memiliki efek luar biasa.

Pada pagi hari, stomata daun sedang terbuka sehingga fotosintesis akan lebih maksimal dan sempurna kalau daun aglonema terkena cahaya matahari pagi secara langsung. 

Baca juga: Simak, Cara Merawat Aglonema Silverqueen

Membuat warna daun lebih cerah

Manfaat menjemur aglonema pada pagi hari dapat membuat warna daun aglonema menjadi lebih cerah.

Jadi, kalau warna daun aglonema agak buram atau pucat, jemur di bawah matahari pagi. Cara ini dijamin akan membuat warna daun aglonema lebih cerah dan mengilap sehingga tampilannya bisa semakin cantik. 

Baca juga: Pupuk Daun Alternatif untuk Aglonema Tanpa Modal

Membuat batang aglonema kokoh

Manfaat menjemur aglonema selanjutnya adalah dapat membuat batang atau tangkai aglonema menjadi lebih kokoh sekali pun batangnya berukuran tinggi.

Jadi, kalau tanaman aglonema mudah layu, selalu rutin menjemurnya di bawah sinar matahari pagi. Namun, perlu diingat, jangan menjemur aglonema di sinar matahari pagi terlalu lama. Sebaiknya, jemur kurang-lebih hanya 15-30 menit, tergantung cuaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com