Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2021, 11:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda karat di bagian tengah wastafel cuci piring atau kamar mandi, bathtub, atau pancuran adalah kejadian umum yang sering terjadi.

Hal tersebut disebabkan ketika benda logam terkena beberapa bahan seperti sabun, krim cukur, sabun cuci muka, pasta gigi, dan sebagainya yang dibiarkan basah di permukaan.

Jika sudah lama melekat, noda karat ini akan sulit bahkan tidak bisa dihilangkan. Beberapa produsen produk kebersihan, menyediakan beragam produknya untuk masalah ini.

 

Baca juga: Bukan ke Wastafel, Ini Cara Terbaik Membuang Minyak Jelantah

Namun, dilansir dari The Spruce, Kamis (17/6/2021), ada beberapa bahan alami yang  memungkinkan untuk menghilangkan noda karat tersebut dengan cara seperti berikut ini.

1. Cuka putih dan baking soda

Untuk menghilangkan noda karat pada wastafel, siram bagian yang bernoda dengan cuka, kemudian taburi dengan baking soda atau soda kue.

Ilustrasi baking soda sebagai bahan alami pembersih berbagai permukaan di rumah. FREEPIK Ilustrasi baking soda sebagai bahan alami pembersih berbagai permukaan di rumah.

Namun, berhati-hati menggunakan kedua bahan ini, dan gunakan selalu sarung tangan karet untuk menghindari percikan reaksinya. Kemudian, gosok menggunakan spons kawat untuk mengangkat noda karat.

Anda dapat menggunakannya pada wastafel porselen ataupun stainless steel.

Baca juga: Trik Membersihkan Wastafel Cuci Piring yang Bernoda Karat

2. Garam dan jeruk nipis

Taburkan sedikit garam pada noda karat, lalu peras jeruk nipis pada noda sampai garamnya basah.

Kemudian, biarkan campuran tetap pada noda selama dua hingga tiga jam, lalu gosokkan kulit jeruk nipis ke noda tersebut untuk menghilangkan campuran. Lalu, bilas dengan air. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com