Kompas.com - 17/06/2021, 11:40 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dekat wastafel kamar mandi. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi tanaman hias di dekat wastafel kamar mandi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda karat di bagian tengah wastafel cuci piring atau kamar mandi, bathtub, atau pancuran adalah kejadian umum yang sering terjadi.

Hal tersebut disebabkan ketika benda logam terkena beberapa bahan seperti sabun, krim cukur, sabun cuci muka, pasta gigi, dan sebagainya yang dibiarkan basah di permukaan.

Jika sudah lama melekat, noda karat ini akan sulit bahkan tidak bisa dihilangkan. Beberapa produsen produk kebersihan, menyediakan beragam produknya untuk masalah ini.

 

Baca juga: Bukan ke Wastafel, Ini Cara Terbaik Membuang Minyak Jelantah

Namun, dilansir dari The Spruce, Kamis (17/6/2021), ada beberapa bahan alami yang  memungkinkan untuk menghilangkan noda karat tersebut dengan cara seperti berikut ini.

1. Cuka putih dan baking soda

Untuk menghilangkan noda karat pada wastafel, siram bagian yang bernoda dengan cuka, kemudian taburi dengan baking soda atau soda kue.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi baking soda sebagai bahan alami pembersih berbagai permukaan di rumah. FREEPIK Ilustrasi baking soda sebagai bahan alami pembersih berbagai permukaan di rumah.

Namun, berhati-hati menggunakan kedua bahan ini, dan gunakan selalu sarung tangan karet untuk menghindari percikan reaksinya. Kemudian, gosok menggunakan spons kawat untuk mengangkat noda karat.

Anda dapat menggunakannya pada wastafel porselen ataupun stainless steel.

Baca juga: Trik Membersihkan Wastafel Cuci Piring yang Bernoda Karat

2. Garam dan jeruk nipis

Taburkan sedikit garam pada noda karat, lalu peras jeruk nipis pada noda sampai garamnya basah.

Kemudian, biarkan campuran tetap pada noda selama dua hingga tiga jam, lalu gosokkan kulit jeruk nipis ke noda tersebut untuk menghilangkan campuran. Lalu, bilas dengan air. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X