Kompas.com - 28/05/2021, 18:40 WIB
Ilustrasi membersihkan wastafel dapur. PIXABAY/6581245Ilustrasi membersihkan wastafel dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Terlepas dari namanya, wastafel dapur atau bak cuci stainless steel tidak sepenuhnya tahan noda dan karat.

Meskipun wastafel stainless steel yang dirawat dengan baik tidak akan berkarat, benda logam basah yang tertinggal di dalamnya dapat meninggalkan noda berkarat.

Noda ini biasanya mudah dihilangkan dengan produk yang sudah tersedia di dapur.

Baca juga: Pakai Cara Ini, Wastafel Kamar Mandi Lebih Bersih

Dilansir dari Hunker, Jumat (28/5/2021), wastafel akan memiliki bintik karat yang terdapat di bagian dalam wastafel yang berasal dari benda logam lainnya.

Peralatan masak besi cor atau kaleng makanan yang tertinggal di wasfatel adalah dua penyebab utama yang dapat menyebabkan bintik karat yang menucul di wastafel tersebut.

Masalah lain terjadi jika wastafel itu sendiri rusak. Baja dapat berkarat, tetapi baja tahan karat mengandung kromium sebagai salah satu komponennya, dan ini membantu mencegah karat berkembang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika oksigen mencapai kromium, reaksi terjadi, menciptakan lapisan pasif pelindung kromium oksida di seluruh permukaan baja tahan karat.

Baca juga: Cara Membersihkan Saluran Wastafel Dapur yang Bau

Bahan kimia keras seperti amonia dapat merusak lapisan pelindung tersebut, dan menyebabkan karat jika tidak segera diatasi.

Sisi baiknya, kromium oksida dapat memperbaiki diri sendiri, jadi cukup mencuci wastafel dengan sabun cuci piring dan air yang lembut biasanya sudah cukup untuk menghilangkan bahan kimia yang bermasalah.

Hal ini menyebabkan kromium yang baru terpapar bereaksi dengan oksigen, sekali lagi menciptakan oksida kromium pelindung.

Halaman:


Sumber Hunker
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.