Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menanam Tanaman Parsley

Kompas.com - Diperbarui 07/04/2023, 08:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman herbal peterseli atau lebih dikenal parsley adalah tanaman dua tahunan yang berasal dari negara Eropa.

Parsley memiliki daun hijau tua berbentuk segitiga yang cocok dijadikan dekorasi ruangan atau dimanfaatkan sebagai pelengkap hidangan makanan. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Herbal di Dalam Ruangan agar Tumbuh Subur

Dilansir The Spruce, pada musim panas, sebagian besar tanaman ini akan tumbuh cukup lambat, yakni mencapai kematangan antara 70-90 hari setelah ditanam.

daun parsleyPixabay/baakk daun parsley

Selain itu, parsley memiliki tingkat perkecambahan jauh lebih rendah dibanding tanaman herbal lainnya sehingga menanam lebih banyak benih daripada tanaman herbal lainnya merupakan cara bagus untuk bisa mendapatkan hasil panen yang banyak. 

Baca juga: 5 Cara Menanam dan Merawat Tanaman Herbal untuk Pemula

Sementara itu, varietas parsley yang berbeda menghasilkan rasa berbeda pula. Jadi, pertimbangkan bagaimana Anda menggunakan tanaman herbal tersebut sebelum memilih varietas yang ingin ditanam.

Parsley berdaun keriting sedikit pahit untuk beberapa palet, sedangkan parsley berdaun datar, yang juga dikenal sebagai parsley Italia, lebih disukai koki masa kini.

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Cocok Diletakkan di Ambang Jendela Dapur

Sebenarnya, tidak banyak perawatan yang diperlukan untuk menanam peterseli. Anda hanya memerlukan air dan tanah yang cukup serta pupuk yang baik. Ketiga hal itu adalah faktor utama dalam menanam tanaman herbal ini.

Selain itu, menanam parsley tidak membutuhkan banyak ruang. Jadi, tanaman ini adalah pilihan bagus untuk Anda yang tinggal di rumah dengan luasan terbatas atau apartemen. 

Tertarik menanam parsley di rumah? Sebelum menanam, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menanam tanaman parsley. 

Baca juga: 8 Tanaman Herbal yang Harum, Cocok di Pekarangan atau di Dalam Rumah

Halaman:
Sumber The Spruce


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com