Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kucing Suka Mengeong di Malam Hari? Ini 5 Penyebabnya

Kompas.com - 31/03/2021, 20:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memang tidak seberisik anjing, namun bukan berarti kucing tidak mengeluarkan suara sama sekali. Kucing juga sering mengeong, baik siang hari maupun malam hari ketika Anda akan tidur.

Suara kucing mengeong di malam hari bisa sangat mengganggu istirahat Anda. Namun demikian, ada baiknya Anda mengetahui penyebab kucing mengeong di malam hari.

Kenapa kucing mengeong di malam hari?

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (31/3/2021), perlu diingat, kucing secara alami aktif dan terjaga di malam hari ketika Anda tidur. Mereka mungkin ingin bermain, menjelajah, makan, menggaruk, atau mendapatkan perhatian Anda dan terkadang ini cukup berisik dan membuat kita terbangun.

Baca juga: Bisakah Memelihara Kucing dan Anjing Bersamaan?

Beberapa kucing juga sangat malas di siang hari. Kucing-kucing ini akan memiliki banyak energi untuk dibakar di malam hari.

1. Mencari perhatian

Jika kucing Anda aktif, ingin tahu, dan suka bermain, mungkin ia akan membangunkan Anda di malam hari dengan mengeong untuk meminta perhatian.

Kucing akan melakukan banyak hal untuk mendapatkan perhatian, termasuk menggaruk pintu kamar tidur, mengais-ngais, menabrak Anda, menjatuhkan diri ke lantai di depan Anda dan, tentu saja, mengeong.

Jika kucing mengeong meminta perhatian saat Anda mencoba tidur, hal terbaik yang dapat Anda lakukan saat ini adalah mengabaikannya. Hal ini tentu saja sulit bagi sebagian orang, tetapi jika Anda memperhatikan kucing saat mengeong, Anda hanya akan memperkuat perilaku yang tidak diinginkan.

Baca juga: Mana yang Menguntungkan, Mengadopsi atau Membeli Kucing?

Meskipun Anda memberi perhatian negatif pada kucing dengan berteriak, Anda tetap memberinya perhatian. Penyumbat telinga mungkin satu-satunya solusi sampai Anda dapat mencegah mengeong di malam hari.

Keesokan harinya, pastikan membuat kucing Anda lelah di siang hari dengan memberinya mainan untuk dimainkan. Mainan puzzle, tongkat bulu, laser pointer, dan mainan pengejar bertenaga baterai adalah solusi yang bagus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com