Kompas.com - 23/03/2021, 08:46 WIB
Ilustrasi ruang keluarga. PEXELS/HOUZZLOOK.COMIlustrasi ruang keluarga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan menjadi faktor utama yang penting di dalam ruangan. Sebab, dengan pencahayaan, ruangan dapat terlihat lebih besar dan terang.

Tak hanya itu, pencahayaan yang baik juga dapat memberikan efek baik bagi kesehatan pemilik rumah.

Dilansir dari Hunker, Selasa (23/3/2021), namun sayangnya tidak semua ruangan memiliki pencahayaan alami di dalam ruangan.

Baca juga: 8 Warna Cat Dinding Kamar Tidur yang Sebaiknya Dihindari

Untungnya, desainer interior dan pendiri perusahaan cat Clare, Nicole Gibbons, mengatakan warna cat yang tepat dapat memberikan keajaiban untuk membuat ruangan yang gelap tampak lebih cerah.

Berikut cara untuk membuat ruangan lebih luas hanya dengan penggunaan cat.

Ukuran diperhitungkan

Gibbons mengatakan ukuran ruangan penting untuk diperhitungkan saat memilih warna cat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika ruangan tidak menerima banyak cahaya dan kecil, saya akan memilih netral yang lapang seperti putih pucat atau abu-abu yang sangat pucat yang tidak hanya akan membuat ruangan yang remang-remang terasa lebih cerah, tetapi juga akan membantu memantul. Betapa sedikitnya cahaya alami yang tersedia di dalam ruangan, yang akan membuat ruangan kecil terasa lebih besar," jelas Gibbons.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Cat Baru di Rumah

 

"Jika ruangannya lebih besar dan lebih terbuka, coba warna yang lebih cerah di dinding, seperti rona biru-hijau indah yang membawa sedikit energi ke ruangan namun memiliki getaran yang santai dan menenangkan," imbuh dia.

Cahaya cerah

"Warna cerah dan lapang akan memantulkan lebih banyak cahaya dan membantu membuka ruangan," kata Gibbons.

"Saya suka menggunakan warna terang dan lapang, seperti warna putih pudar yang hangat atau warna abu-abu pucat, untuk membantu menciptakan perasaan terbuka di ruangan. Ditambah, warna yang lebih terang akan membantu memaksimalkan sedikit cahaya alami," sebutnya.

Halaman:


Sumber Hunker
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X