Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2021, 16:29 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com — Tikus selalu mencari tempat bernaung dan tempat tinggal yang hangat dan melindungi mereka dari dinginnya cuaca.

Hewan pengerat ini bahkan bisa memasuki rumah dari celah kecil yang hanya berukuran 2 cm saja. Atau, tikus bahkan bisa menggerogoti papan kayu untuk menciptakan celah agar mereka bisa masuk.

Setelah berhasil memasuki rumah, tikus yang rakus akan coba mencari makanan sekaligus menebarkan bakteri dan penyakit.

 

Baca juga: Apakah Benar Keju Ampuh Sebagai Umpan Perangkap Tikus? Ini Jawabannya

Jika mereka berhasil menemukan makanan dan minuman kemungkinan besar mereka akan tetap tinggal dan populasi tikus akan cepat bertambah.

Selain itu, tikus akan terlihat sangat menjijikkan, dan menakutkan, tetapi yang lebih buruk dari itu, hama rumah tangga ini dapat menyebabkan kerusakan dengan menggerogoti, membuat sarang, buang air kecil, dan buang air besar yang akan membuat rumah berbau.

Jika kamu merasa ada tikus di rumah, berikut empat hal yang paling sering dilakukan hewan pengerat setelah berhasil menginvansi rumahmu, seperti dikutip dari The Spruce, Rabu (17/3/2021). 

1. Membuat sarang

Hewan pengerat suka memiliki sarang yang bagus, lembut, dan nyaman untuk melahirkan bayi.

 

Baca juga: Tips Hilangkan Bau Bangkai Tikus

Jadi, hewan pengerat akan menggunakan apa pun yang dapat mereka temukan seperti, koran bekas, pakaian, kain yang disimpan dalam kotak kardus yang mudah dikunyah, tumpukan majalah, atau bahkan file penting.

Tikus bahkan bisa mengunyahnya hingga hancur dan tak terselamatkan.

Bahkan drywall, insulasi, dan kabel juga bisa menjadi sasaran. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada rumah dan berpotensi menyebabkan kebakaran yang bersumber dari kabel yang terbuka yang kemudian akan menyebabkan konslet.

2. Berburu makanan

Sebelum atau sesudah membuat sarang, kamu mungkin akan melihat tikus berkeliaran di rumah untuk mencari makanan. Saat menjelajahi rumah, ia akan buang air kecil dan kotorannya di sepanjang jalan, mencemari segalanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com